oleh

239 Perkara Dimusnahkan Kejari Nunukan, Didominasi Narkotika

NUNUKAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Nunukan memusnahkan barang bukti dari 239 perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum. Pemusnahan itu dilakukan pada Kamis, 15 Juli 2021.

Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan, Yudi Prihastoro mengatakan pemusnahan barang bukti itu merupakan periode Juli 2020 sampai dengan Juli 2021. Perkara narkotika sebanyak 165 perkara, dengan barang bukti sabu-sabu ada 107 perkara dan ekstasi 1 perkara dengan penyisihan sabu-sabu kurang lebih 45,81 gram dan 8 butir ekstasi. Selain sabu ada urin, HP, kartu ATM, timbangan, alat hisab, korek, rokok, dan lainnya. Mengingat banyak perkara splitan sehingga barang bukti digunakan bersama.

“Sabu kami musnahkan sebanyak 45,81 gram, dengan cara dilarutkan ke dalam air. Sedangkan barang lainnya ada yang dibakar, dan dipotong sehingga merata,” kata Yudi.

Baca Juga :  Polres Bulungan Tetapkan 3 Orang DPO Peredaran Sabu 2,8 Kg

Tidak hanya itu, perkara non narkotika sejumlah 74 perkara yang terdiri dari pencurian, pembunuhan, penganiayaan, penggelapan, penipuan, keimigrasian, pembakaran hutan dan lahan, tindak pidana senjata api dan senjata tajam, perlindungan anak, asusila, KDRT, serta perjudian.

“Bersama-sama kita memerangi narkoba. Saya mengharapkan bersama-sama bersinergi memberikan edukasi kepada masyarakat, dengan memberikan penyuluhan hukum dan penerangan tentang bahaya narkotika dan zat adiktif lainnya. Dengan harapan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Nunukan bisa berkurang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sedang Nyekop Pasir, Seorang Pemuda Dikeroyok dan Ditikam

Dalam pemusnahan itu, juga dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan, Yudi Prihastoro, Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, Dandim 0911-Nunukan, Letkol CZi Eko Pur Indriyanto, Komandan Lanal Nunukan yang baru, Letkol Laut (P) Nonot Eko Febrianto, dan  Pengadilan Negeri Nunukan, Polres Nunukan, Imigrasi Nunukan dan lainnya. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed