Penutupan TMMD Ke-111, Pemkab Berharap Warga Dapat Menjaga Infrastruktur Jalan yang Dibangun

NUNUKAN – Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, menghadiri penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Makodim Nunukan, Rabu 14 Juli 2021.

Dikatakan wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, atas nama pemerintah Kabupaten Nunukan, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia yang telah menunjukkan sinergi dan kebersamaan yang kuat dengan masyarakat di Desa Binusan Dalam.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2022 votes

Dia percaya, kemanunggalan TNI dan rakyat ini akan menjadi kekuatan luar biasa untuk mengatasi berbagai persoalan di tengah masyarakat, sekaligus menjadi benteng pertahanan yang kokoh bagi bangsa dan negara ini dalam menghadapi berbagai ancaman.

Kegiatan TMMD ini telah membantu pemerintah daerah, memperbaiki banyak membangun atau infrastruktur di berbagai wilayah pedesaan, serta membantu meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat di desa desa melalui berbagai kegiatan bhakti sosial, penyuluhan, dan pelatihan pelatihan, sehingga tidak mengherankan jika kegiatan TMMD selalu mendapat sambutan dan dukungan yang antusias dari masyarakat.

“Kegiatan ini sangat membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur di desa-desa serta membantu meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat,” kata H. Hanafiah.

Dia berharap kebersamaan ini akan terus terjaga dan terpelihara di masa masa mendatang meskipun kegiatan TMMD ini sudah selesai, karena semangat kebersamaan dan kegotong royongan inilah yang selama ini menjadi ciri dan kepribadian bangsa ini.

Minimnya sarana infrastruktur seperti jalan, jembatan, saluran irigasi, fasilitas pendidikan dan kesehatan di wilayah-wilayah pedesaan sampai saat ini masih menjadi persoalan serius. hal itu telah menyebabkan tingginya berbagai biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat.

Melalui alokasi dana desa, persoalan ini sebetulnya diharapkan bisa teratasi sedikit demi sedikit. Namun karena begitu kompleksnya persoalan di masing-masing desa, menyebabkan upaya perbaikan sarana sarana infrastruktur tersebut sehingga dibutuhkan komitmen dan konsistensi dari semua pihak dalam mengatasi persoalan tersebut secara bersama-sama

Berbicara soal komitmen terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan, maka TNI selalu berada di garis terdepan. Bersama rakyat TNI kuat dan bermartabat, tanpa rakyat tni menjadi lemah dan tak berdaya.

Selain itu, H. Hanafiah juga berpesan kepada masyarakat, jalan yang sudah di buat dengan tenaga manusia, dengan tekhnologi, dengan keringat manusia agar dirawat baik-baik. “Kita harus peduli dengan apa yang telah dibangun, bahwa jalan ini tanggung jawab bersama dan tanggung jawab kepada anak cucu kita.” imbuhnya.

Apa yang sudah di bangun TNI-Polri harus di jaga dengan baik, di musim pandemi Covid-19 harus tetap mengikuti anjuran dengan protokol kesehatan yang sudah di sampaikan oleh pemerintah. “Mari kita waspada dengan pesan-pesan yang di sampaikan pemerintah, kita sadarkan semua masyarakat dengan covid 19,” tutupnya. (*)

Reporter: Darmawan
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *