oleh

Permudah Memantau Pelanggaran, Kapolres Tarakan Dukung Pemasangan CCTV di Jalan

TARAKAN – Polres Tarakan mendukung pemasangan CCTV di jalan-jalan strategis kota oleh Pemkot Tarakan. Fungsi CCTV tersebut dinilai akan memudahkan pemantauan pelanggaran yang kerap kali tidak terpantau.

Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira, menilai rencana Pemkot Tarakan untuk memasang CCTV di puluhan titik strategis membuat efektifitas pemantauan pelanggaran lalu lintas maupun lainnya akan lebih mudah.

“Kalau secara nasional benar-benar efektif sekali. Karena meringankan tugas kita ya, khusus untuk personil ya meminimalisir anggota kita di jalan, tetapi cukup dengan kamera,” ujar Kapolres Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira, kepada benuanta.co.id, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga :  Cegah Learning Loss, Walikota Izinkan 100 Lebih Sekolah di Kota Tarakan Gelar PTM

“Adanya CCTV ini juga jadi membuat efek psikologi bagi para pengguna. Misalnya sekarang ini kita berkendara ini diawasi, jadi kita tidak sembarangan lagi untuk melanggar. Karena memang seharusnya para pengendara itu wajib mematuhi peraturan lalu lintas yang ada,” tambahnya.

Sebelumnya, Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes menjelaskan, pemasangan CCTV yang digadang-gadang juga akan mempermudah pemantauan berbagai mobilitas masyarakat itu tidak sepenuhnya dilakukan Pemkot Tarakan.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah di Gunung Belah, Api Mulai Melahap Bagian Atap

“Tahun ini kan sudah ada kita bangun di 20 titik itu secara pelan-pelan dan mudah-mudahan sih nanti tidak semuanya dari Pemkot, kita menginterogasi CCTV yang sudah ada dari kantor-kantor dan punya masyarakat juga dari command center. Tinggal teknisnya itu nanti Diskominfo lah yang ngurus itu,” kata Walikota Khairul, Senin (12/7/2021).

Selain itu, adanya CCTV dinilai orang nomor satu di Tarakan ini bakal mempermudah kinerja aparat penegak hukum lainnya. Seperti mengetahui masyarakat yang melanggar Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

Baca Juga :  Polda Kaltara Atensi Tindakan Vaksin Berbayar dan Pemalsuan PCR 

“Misalnya Tipiring kebersihan, kalau ada masyarakat yang buang sampah sembarangan. Seperti yang dikeluhkan selama ini di Gunung Selatan orang buang sampah, itu kan kita tidak tahu siapa (pelakunya) kita tidak tahu juga. Terus juga kejahatan-kejahatan lainnya bisa dipantau juga dari CCTV itu,” tandasnya. (*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *