Fokus Penanganan Kecelakaan Laut, Latsarda dan Pelatihan Potensi SAR Digelar Gabungan

TARAKAN – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tarakan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pelatihan SAR Daerah (Latsarda) dan Pelatihan Potensi SAR 2021 yang berlangsung di Hotel Tarakan Plaza, Senin, 12 Juli 2021.

Rakor Latsarda dan Pelatihan Potensi SAR 2021 ini dibuka langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2051 votes

Peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari sekitar 30 instansi baik dari pemerintah, TNI-Polri, organisasi masyarakat juga organisasi mahasiswa pecinta alam.

Baca Juga :  Ngakunya Nyari Besi Tua, Paha dan Kipas Mesin 200 PK Raib 

Kepala Kansar Tarakan Amiruddin A.S, Sos mengatakan seluruh peserta akan difokuskan pada penanganan kecelakaan di perairan.

“Selama 2020 hingga 2021, kami (Basarnas Tarakan) menangani jumlah kasus yang kami tangani sebanyak 80 sampai 85 persen merupakan kecelakaan perairan, sehingga kita perlu mengedukasikan kepada semua potensi tentang bagaimana teknik penyelamatan, pencarian dan penanggulangan korban,” kata Amiruddin kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Polres Tarakan Berikan Dispensasi Pengurusan SIM Mati saat Libur Lebaran

Dikemukakan Amiruddin, bahwa Kalimantan Utara dan khususnya Kota Tarakan dikelilingi perairan dan aktifitas lintas Kabupaten/Kota itu melalui transportasi perairan sehingga pihaknya berharap semua pihak dapat bersinergi mencegah dan menangani kecelakaan di perairan.

Selain itu, melalui Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilakukannya, pihaknya bersama instansi-instansi membahas sejauh mana peran instansi lebih lanjut terhadap penanganan bencana.

“Seperti TNI AL bagaimana peran mereka, Jasa Raharja seperti apa menindaklanjuti dampak dari bencana serta Standar Operasional Prosedur (SOP),” jelas dia.

Baca Juga :  Momen Lebaran, 13 Ribu Penumpang Padati Pelabuhan Malundung 

Nantinya, simulasi latihan tersebut dilaksanakan pada 16-17 Juli 2021 di Pantai Amal dengan berfokus pada kecelakaan laut. Adapun pemateri pelatihan dari unsur TNI AL, Polairud, Basarnas dan Jasa Raharja.

Berlangsungnya kegiatan tersebut dipastikan Amiruddin menerapkan protokol kesehatan, seperti dilakukan Swab Antigen, jaga jarak dan memakai masker.(*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *