oleh

Warga Positif Covid-19 Diharapkan Lebih Bijak Membuang Sampah Masker Sisa Isolasi Mandiri

TARAKAN – Selama pandemi Covid-19, tren penggunaan masker maupun alat pelindung diri lainnya semakin meningkat. Tentu hal ini juga berpengaruh terhadap jumlah sampah yang dihasilkan dari masyarakat pun meningkat.

Kepala Bidang Pengolahan Sampah dan Pengendalian Limbah Bahan Berbahaya Beracun, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan, Benny Purwanto menilai adanya pergeseran pola hidup selama pandemi ini. Semakin hari masyarakat Tarakan juga semakin sadar untuk mengolah sampah masker sebelum dibuang ke tempat sampah.

“Saya rasa masyarakat Tarakan, ya Alhamdulillah sudah sadar sih untuk memilah masker medis atau lainnya itu sebelum dibuang,” ujar Benny Purwanto kepada benuanta.co.id, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga :  Sebanyak 3.000 Siswa SMA Tarakan Sudah Divaksin

Apalagi sampah-sampah rumah tangga dari masyarakat yang kini ditangani sampah semesta melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) masing-masing kelurahan, juga tetap menangani sampah yang berasal dari warga yang melakukan isolasi mandiri di wilayahnya masing-masing. Termasuk masker yang berasal dari warga yang positif Covid-19.

“Jadi kita sampah semesta itu tetap juga mengambil di wilayah-wilayah yang terkena Covid-19. Karena setelah sampah itu dibuang ya tidak ada lagi disitu bisa menular. Karena kan ada rentan waktunya dan juga sampah itu kan kena sinar matahari diluar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Sebanyak 3.000 Siswa SMA Tarakan Sudah Divaksin

“Selama ini ya Alhamdulillah petugas kami aman-aman saja. Tidak ada masalah gitu. Belum ada laporan juga bahwa mereka terkena atau positif Covid-19 gara-gara mengangkut sampah-sampah yang ada di masyarakat gitu loh,” tambahnya.

Kendati demikian, Benny tetap menganjurkan masyarakat baik yang saat ini tengah melakukan isolasi mandiri lantaran terpapar Covid-19 atau tidak. Untuk lebih bijak dalam mengolah masker atau alat pelindung diri lainnya sebelum diangkut oleh petugas sampah semesta.

Baca Juga :  Antisipasi Covid-19 Gelombang Ketiga, Vaksinasi Jadi Kunci Utama

“Kalau masker medis itu kan memang harus disobek atau dipotong-potong, baru bisa ditaruh di tong sampah kan seperti itu,” tukasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *