oleh

Kasus Covid-19 Bertambah, Satgas Sebut Pelaku Perjalanan Harus Isoman

TARAKAN – Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 Kota Tarakan menilai penyebab penambahan jumlah konfirmasi positif Covid-19 diduga akibat pelaku perjalanan.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes memastikan penyebab peningkatan kasus Covid-19 tersebut dari pelaku perjalanan dan memicu kontak erat kepada yang lain.

“Saya mengingatkan para pelaku perjalanan apabila pulang ke Kota Tarakan walaupun tidak ada keluhan, ya kalau tidak mau dilakukan Swab Antigen ataupun PCR secara mandiri maka dia harus isolasi mandiri,” kata dia kepada benuanta.co.id pada Jumat, 2 Juli 2021.

Baca Juga :  Masyarakat Berikan Jempol Layanan Vaksinasi Malam Hari

dr. Devi menegaskan para pelaku perjalanan hendaknya jangan langsung bersentuhan dengan keluarga dan orang lain. “Walaupun dilihat dari suratnya menyatakan negatif, tapikan kita tidak tahu selama perjalanannya, maka itu harus isolasi mandiri dahulu,”tambah dia.

Meski begitu, pengetatan tersebut sudah pihaknya lakukan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kota Tarakan seperti halnya para ASN wajib Swab PCR saat kembali ke Bumi Paguntaka.

Baca Juga :  Sempat Lost Contact, KM Subur Indah Ditemukan di Pancang Putih

“Kalau diluar ASN kan kita tidak bisa pantau, namun kami selalu mengingatkan untuk Swab Antigen, Swab PCR dan isolasi mandiri,” tegasnya.

Lagi-lagi, pihaknya akui kesulitan untuk mengendalikan pelaku perjalanan, untuk itu ia berharap agar masyarakat dapat patuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, per hari ini Kamis, 1 Juli 2021 terdapat penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 29 orang sehingga jumlah kumulatif kasus konfirmasi sebanyak 6.236 orang.

Baca Juga :  Siklon Nyatoh Masih Terasa, Berimbas ke Hujan Guyur Wilayah Kaltara

Kemudian, jumlah konfirmasi yang sembuh sebanyak 8 orang.(*)

Reporter : Kristianto Triwibowo
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *