oleh

APBD Kecil, Ingkong Ala Minta Kualitas Pembangunan Diperhatikan

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan telah melaksanakan rapat kordinasi evaluasi dan pengendalian program (Rakordal). Tujuannya untuk sinergikan program atau kegiatan pembangunan di tahun 2021, sekaligus untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan pada 2021.

“Kondisi APBD kita memang tidak sebesar dengan tahun lalu. Tetap semangat melaksanakan pembangunan demi kepentingan masyarakat Bulungan,” ungkap Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala kepada benuanta.co.id, Kamis 1 Juli 2021.

Dia menuturkan kecilnya anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) ini, tentu berdampak pada pembangunan. Namun hal tersebut tersebut jangan sampai menurunkan kualitas hasil pembangunan yang dirasakan masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Bulungan Bersama Rombongan Ziarah Makam Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas

“Contohnya jalan yang dibangun, jangan sampai hanya berumur 3 bulan sudah rusak. Padahal masyarakat kita barangkali sudah menunggu perbaikan selama 3 tahun bahkan lebih,” jelasnya.

Wakil Bupati 2 periode ini mengatakan walaupun anggaran saat ini tidak seperti sebelumnya. Pihaknya meminta kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) agar memperhatikan kualitas hasil pembangunan yang dilaksanakan untuk masyarakat Bulungan.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Libatkan Perusahaan Perbaiki Jalan dan Jembatan Salimbatu

“Jangan melihat besar kecilnya anggaran tetapi hasil atau output dari suatu pekerjaan. Tapi perhatian kualitas pembangunan,” ucapnya.

Kata dia, kegiatan ini juga selaras dengan pemulihan ekonomi dampak Covid-19, sehingga Rakordal ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian dan evaluasi kegiatan tahun 2021 serta percepatan kegiatan tahun 2022.

“Melalui kegiatan ini, semua kepala OPD dapat melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan yang dikelola. Termasuk permasalahan dan solusi penyelesaian masalah yang dihadapi di lapangan oleh OPD,” paparnya.

Baca Juga :  Sidang Dihadapan DPRD Bulungan, Syarwani Paparkan Sejarah Bulungan

Serapan anggaran di Pemkab Bulungan pun hingga saat ini belum mencapai 50 persen. Sehingga dirinya memberikan arahan kepada seluruh OPD, khususnya bagi OPD yang realisasi belanjanya masih di bawah 50 persen harus melakukan terobosan untuk meningkatkan penyerapan anggaran, serta aktif mengevaluasi seluruh kegiatan di OPD-nya.

“Kalau ada hambatan maupun masalah terhadap program kegiatan agar segera melakukan koordinasi berjenjang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *