oleh

BPJS Kesehatan Ajak Masyarakat Lakukan Skrining Riwayat Kesehatan

TARAKAN – Melewati semester pertama tahun 2021, tidak ada kata terlambat untuk memulai pola hidup yang lebih sehat dan teratur. Untuk mendukung hal tersebut, BPJS Kesehatan telah menyediakan Fitur Skrining Riwayat Kesehatan yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN.

“Kami mengajak peserta melakukan skrining riwayat kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatan dirinya sedini mungkin. Hal ini sejalan dengan salah satu program pemerintah yaitu Gerakan Hidup Sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui upaya promotif dan preventif,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Rita Zakiah pada Kamis (30/6/2021).

Rita menjelaskan, dalam fitur Skrining Riwayat Kesehatan di aplikasi Mobile JKN telah tersedia 47 pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta. Seperti aktivitas yang sering dilakukan, riwayat penyakit peserta, riwayat penyakit keluarga dan pola makan.

Baca Juga :  Kapolda Kaltara Sidak di Pos Penyekatan dan Pelaksanaan Vaksinasi di Pelabuhan SDF Tarakan

“Skrining ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kebiasaan peserta JKN-KIS yang dapat menentukan hasil berupa risiko kesehatan yang akan dialami, serta saran atau anjuran apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah risiko – risiko tersebut,” terang Rita.

Rita pun menekankan bahwa BPJS Kesehatan tidak hanya terpaku kepada pelayanan kesehatan, tetapi juga pada program promotif-preventif kepada peserta JKN-KIS salah satunya melalui skrining riwayat kesehatan ini.

Baca Juga :  Miliki Alat PCR Baru, RSUKT Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat

“Skrining riwayat kesehatan merupakan salah satu cara yang dilakukan BPJS Kesehatan untuk memfasilitasi peserta JKN-KIS mengetahui potensi risiko terhadap 4 penyakit yaitu diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner. Sehingga untuk mengelola risiko penyakit tersebut diharapkan agar peserta untuk melakukan skrining Kesehatan 1 kali setahun,” imbuhnya.

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses skrining riyawat kesehatan melalui webskrining.bpjs-kesehatan.go.id yang dapat di akses melalui jaringan internet tanpa melakukan download aplikasi terlebih dahulu.

Dinar, salah satu peserta JKN-KIS yang telah memanfaatkan fitur Skrining Riwayat Kesehatan lewat aplikasi Mobile JKN.  Menurutnya ini adalah pengalaman pertamanya mengisi skrining tersebut.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Belum Respon Serius Pengalihan Kelola KKMB dari Pemprov

“Saya baru tahu kalau di dalam aplikasi Mobile JKN ada fitur secanggih ini. Ini pertama kali saya mengisi, ternyata sangatlah mudah. Cukup menjawab pertanyaan yang telah tersedia dan hasilnya akan langsung keluar. Bersyukur saya mendapatkan hasil dengan risiko rendah,” ungkapnya.

Dinar menyadari bahwa kesehatan merupakan modal penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari sehingga menjaga pola hidup sehat bukan menjadi pilihan melainkan suatu kewajiban. (adv/oki)

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed