150 Warga Pedalaman Apo Kayan Suspek Covid-19

MALINAU – Sebanyak 150 warga Desa Apo Kayan, Kecamatan Malinau Selatan terkonfirmasi suspek Covid-19. Hal itu diterangkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Dr. Ernes Silvanus,. M. Si.

“Hal itu memang betul dan saat ini kita sedang mengupayakan untuk sesegera mungkin ke sana untuk memeriksa kondisi di Apo Kayan,” kata Ernes.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

Mengingat kondisi medan perjalanan ke Apo Kayan yang sulit, Ernes pun mengungkapkan pihaknya akan menggunakan 2 pesawat untuk pergi ke Apo Kayan. Di mana nantinya 2 pesawat itu akan digunakan untuk mengangkut logistik dan tim Satgas Covid-19 Malinau.

“Karena cukup mendesak, kita berencana besok akan ke sana dengan mencarter 2 pesawat. Karena nantinya kita juga akan membawa logistik makanan untuk warga Apo Kayan dan logistik alat kesehatan,” ujarnya.

Ernes juga menambahkan, meski masih tahap suspek namun 150 warga itu ternyata sudah menjalani isolasi. Sedangkan untuk penyebab penyebaran Covid-19 di Apo Kayan, Ernes mengaku belum dapat memastikan penyebabnya.

“Rapid test sekarang kan tingkat keberhasilannya tinggi, maka dari itu sembari menunggu hasil swab mereka kita minta untuk diisolasi segera oleh pihak pemerintah desa sana,” terangnya.

“Kalau untuk penyebab penyebaran itu kita belum tahu pasti, makanya kita mau ke sana untuk memastikan penyebabnya. Tapi kalau untuk dugaan sementara, warga di Apo Kayan mendapat virus Covid-19, karena telah melakukan perjalanan dari Samarinda,” tukasnya. (*)

Reporter  : Osarade

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *