oleh

Antisipasi Penyebaran Virus ASF, Bupati Malinau Terbitkan Surat Edaran

Malinau – Menindaklanjuti surat edaran gubernur provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) No. 520/1507/DPKP/Gub, bupati Malinau Wempi W Mawa, SE, sebarkan surat edaran tentang kesiagaan terhadap penyakit Swine Fever (ASF).

Dengan adanya surat edaran ini, Wempi berharap agar para peternak hewan babi di kabupaten Malinau, lebih menjaga kebersihan hewan ternaknya guna mengantisipasi adanya penyebaran virus ASF.

“Kita sebagai Pemerintah Daerah(Pemda) tentu harus mendukung kebijakan provinsi, apalagi hal ini juga menyangkut kesehatan kita bersama, jadi saya juga minta tolong agar para peternak juga ikut kebijakan ini,” kata Wempi.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

Dalam surat edaran itu Wempi menjelaskan, agar para peternak lebih menjaga kesehatan makanan hewan ternaknya, serta rutin melakukan pembersihan kandang dan mengecek kondisi hewan ternaknya.

“Jangan beri makan dengan menggunakan makanan sisa olahan dan periksa selalu kondisi hewan ternaknya, jika ada yang menunjukan gejala sakit, lapor segera ke pihak RT, agar ditangani segera oleh pihak dinas kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

Untuk transaksi jual beli hewan ternak, Wempi ternyata juga membatasinya dengan hanya menjual hewan ternak dengan kondisi tertentu dan membatasi gerak hewan ternak agar, tidak berkeluyuran selain disekitaran lokasi ternak milik peternak.

“Kalau bisa jangan biarkan hewan ternak keluar kandang kecuali memang kondisi benar-benar sehat,” Bebernya lagi.

“Jika pun ingin menjual atau mengkonsumsi hewan terwak, alangkah baiknya dipastikan dulu kondisi kesehatannya dan tidak asal jual serta asal mengkonsumsinya. Dikhawatirkan jika tidak teliti dalam hal itu, nantinya akan menyebabkan penyebaran virus ASF,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *