Tahun Ini Pasar Batu Kabang di Betayau akan Dioperasikan Kembali

TANA TIDUNG – Pasar Batu Kabang di Kecamatan Betayau, rencananya tahun ini dioperasikan kembali. Ini setelah beberapa tahun pasar tersebut tidak difungsikan dengan baik.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Kabupaten Tana Tidung (KTT) telah membicarakan dengan pihak penggelola pasar sampai ke tingkat camat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2019 votes

“Itu sudah kita bicarakan dengan penggelola pasar, Pak Ikbal dan juga dengan camat, untuk sekalian undang kepala desanya berbicara terkait dengan teknisnya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop-UMKM, Saadiah, Ahad 27 Juni 2021.

Lanjut Saadiah, sebelumnya pembagian kios dihitung per desa. Karena biasanya setiap desa meminta sekian kunci kios. “Jadi memang kita menunggu keputusan camat, apakah diadakan rapat dengan perangkat desanya baru kita sosialisasikan kembali,” beber dia.

Tetapi, memang mungkin tidak untuk semuanya dibuka, karena kondisi pasarnya saat ini masih perlu dilakukan renovasi karena plafonya rusak.

Dia menambahkan, jika kemudian Pasar Batu Kabang sudah dioperasikan, maka rencana dalam satu pekan cukup dibuka satu kali. Dengan tujuan untuk memotivasi masyrakat setempat.

“Apakah nanti itu hari Jumat atau hari Minggu, masih kita pertimbangkan, mengingat kesibukan warga setempat dan kuantitas hasil tani yang akan diperjualkan,” kata perempuan berkacamata ini.

Memang dulunya setelah diserahkan kepada pemerintah daerah, Pasar Batu Kabang sempat beroperasi, namun tidak lama. Jatah lapak juga sudah ada orangnya semua. Namun dalam perjalanannya tidak bertahan, membuat pedagang hilang satu persatu.

“Rencana kita yang seminggu sekali ini sudah termasuk dengan pedagang kios. Memang di dalam pasar itu belum ada lapak, tetapi sudah kita usulkan, mudah-mudahan tahun 2022 bisa terealisasi,” ujarnya.

Kata Saadiah, keluhan dari para pedagang saat pasarnya tidak beroperasi, perabot pasar mereka hilang dicuri orang. Jadi terpaksa barang yang tersisa diamankan.(*)

Reporter : Dwi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *