Konduktor Terputus dan Gangguan Sinkron Pembangkit, Listrik Padam Sampai 4 Jam

TANJUNG SELOR – Tak ada jadwal pemadaman dari PLN setempat, beberapa daerah di Tanjung Selor terjadi pemadaman lampu secara mendadak. Lampu padam sejak pukul 12.30 wita hingga pukul 16.00 pada hari Sabtu 26 Juni 2021.

Dengan pemadaman tak berjadwal ini dikeluhkan oleh masyarakat, terutama yang menjalankan usaha yang memakai daya listrik yang besar. “Di tempat saya padam sekitar pukul 12.50, bersamaan juga sinyal jaringan telekomunikasi juga down,” ungkap Zulkifli kepada benuanta.co.id, Sabtu 26 Juni 2021.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1576 votes

Kata dia, saat itu hendak mengerjakan laporan, namun terhambat saat hendak nge-print listrik tiba-tiba padam. Padahal laporan itu akan dikirim ke Tarakan, tapi tertunda lagi karena pemadaman berlangsung hingga sore.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara: THR Lebaran Harus Cair Tepat Waktu

“Laporan saya ini sudah ditunggu mau ngirim lewat speedboat, karena belum sempat print makanya batal,” jelasnya.

Menanggapi pemadaman itu, Manajer PLN UP3 Kalimantan Utara, Suparje Wardiyono, hari ini Ahad 27 Juni 2021 merilis penyebab padamnya lampu di beberapa daerah di Kabupaten Bulungan. Hal ini disebabkan oleh konduktor yang putus dan gangguan sinkron pembangkit sebabkan Trip Feeder Express.

“Kami sampaikan bahwa pada Sabtu, 26 Juni 2021 pukul 12.28 Wita terjadi trip penyulang Express Feeder. Trip kemudian diikuti oleh Tanjung Selor 01, Tanjung Selor 03 dan Tanjung Selor 04,” ucap Suparje Wardiyono.

Baca Juga :  Buntut Konten, Waria Luna Syantik Diputus Pidana Penjara 10 Bulan

Setelah dilakukan pengecekan dan penelusuran jaringan ditemukan konduktor putus Tanjung Selor 04 pada titik dekat RSUD Soemarno Sosro Atmodjo Tanjung Selor.

Kata dia, untuk Tanjung Selor 01 segera dapat dinormalkan kembali pada pukul 13.54 WITA. Sedangkan Tanjung Selor 03 pada pukul 16.35 WITA yang sempat terdampak sudah menyala bertahap pada mulai pukul 13.52 WITA.

“Untuk Tanjung Selor 04 yang terdampak segera dilakukan perbaikan konduktor yang putus dapat dinyalakan kembali pada pukul 16.29 WITA,” bebernya.

Baca Juga :  Ramp Check Speedboat Baru Dilakukan di Dua Daerah

Akibat dari trip penyulang Express Feeder ini, daerah yang mengalami padam diantaranya Kantor Palas, Kasimudin, Salimbatu dan Pimping. Lalu di Jalan Rambutan, Jalan Pahlawan, Dinas Kesehatan, Pengadilan, Pasar Induk, Jalan Sengkawit dan Sabanar Lama.

“Lampu padam juga terjadi di Sajau, Tanah Kuning, Gunung Seriang, Jelarai dan Sabanar Baru,” sebutnya.

Suparje mengatakan setelah diamankan lokasi dan jaringan dilakukan perbaikan, jaringan di lokasi dekat RSUD Soemarno Sosro Atmodjp secara bertahap normal kembali sampai dengan ujung pukul 16.45 Wita. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *