Desa Maning Zona Merah Covid-19, Bupati Instruksikan Kawal Ketat

TANA TIDUNG – Desa Maning, Kecamatan Betayau, Kabupaten Tana Tidung (KTT) masuk zona merah Covid-19. Hal itu dikemukakan langsung oleh Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 KTT, Ibrahim Ali saat dijumpai di ruang kerjanya, Kamis 24 Juni 2021.

“Informasi dari teman-teman panitia pemilihan kepala Desa Maning, karena di sana kita juga sudah tetapkan menjadi zona merah, jadi saya instruksikan ke Pak Dandim untuk betul-betul mengkawal ketat di sana,” kata Ibrahim Ali.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1548 votes

Dia melanjutkan, upaya pemerintah untuk meghentikan rantai penyebaran virus asal Wuhan China ini, salah satunya dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

“Tadi Dinas Kesehatan, BPBD dan dibantu oleh personel TNI dan Polri melakukan penyemprotan disinfektan di Desa Maning,” ujar pria yang menjabat Bupati Tana Tidung ini.

Mengingat tanggal 30 Juni KTT akan melaksanakan pemilihan Kepala Desa secara serentak di 32 Desa, termasuk Desa Maning, memperhatikan adanya kasus penyebaran itu, besar kemungkinan pelaksanaan pemilihan kades di Desa Maning akan ditunda.

“Berdasarkan laporan dari panitia pelaksana, pemilihan kepala desa di Desa Maning berpotensi besar ditunda, karena kita melihatnya masih rawan,” ungkap Bupati Ibrahim Ali.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

Terlepas nanti beberapa durasi waktu penundaan ini, akan dilihat perkembangan setelah dilakukan upaya pencegahan oleh pemerintah daerah. Kemungkinan kata Ibrahim Ali tidak akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juni mendatang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa klaster penyebaran yang mengakibatkan sekitar 21 orang positif Covid-19 merupakan klaster keluarga, setelah melakukan kunjungan dari luar pulau Kalimantan.

“Untuk saat ini, mereka yang terkonfirmasi kita sudah menganjurkan untuk isolasi. Mudah-mudahan tidak ada penambahan,” harap Bupati.

Berkaitan dengan varian virus yang mengindap beberapa warga Desa Maning, pemerintah daerah sedang berupaya untuk mencari tahu jenis varian virus. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, dengan mengambil beberapa sampel untuk kemudian dikirim ke Laboratorium (LAB) di Surabaya untuk dicek.

Baca Juga :  Pelengsengan Pelabuhan Sebawang Mudahkan Pelayanan Kapal Feri

“Dinas Kesehatan sudah mengambil sampel secara acak. Dengan melibatkan 9 orang dan saat ini masih dikirimkan ke LAB Surabaya untuk mengetahui varian model virus apa yang tersebar di Desa Maning,” lanjut Bupati.

Berdasarkan data laporan terkini, dari 34 orang yang dilakukan pemeriksaan, ada sekitar 21 orang yang positif.

Orang nomor satu di Kabupaten Tana Tidung ini mengajak masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan 5M; Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (*)

Reporter : Dwi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *