Antisipasi Virus Varian Baru, Dinkes KTT Kirim 12 Sampel ke Balitbangkes Surabaya

TANA TIDUNG – Informasi yang beredar tentang adanya puluhan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Desa Maning, saat dikonfirmasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung (KTT) melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinkes KTT Hanna Juniar, membenarkan informasi tersebut.

“Iya benar, dari 27 orang 3 di antaranya merupakan pelaku perjalanan dari Jawa Tengah,” ungkap Hanna Juniar.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2128 votes

Setelah dilakukan tracing atau kontak erat. Diketahui dari ke-27 orang tersebut 7 orang di antaranya dapat dikatakan klaster keluarga. “Sehingga kami menyimpulkan dari 3 orang pelaku perjalanan tadi, disebar lagi ke keluarga, dan kemudian merembet ke puluhan orang lainnya,” imbuh dia.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

Sebagai bentuk pencegahan dini, terhadap penularan virus varian baru Covid B.1.617.2 atau varian delta asal India yang mulai menyebar ke Indonesia, instansinya telah mengirim sampel ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Surabaya guna mengetahui virus model apa yang menular di Desa Maning.

“Yang kita kirim sebanyak 12 sampel, rinciannya 9 kluster Desa Maning dan masyarakat luar desa Maning,” ujar Hanna.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

Sedangkan dari upaya tracing contak, sejauh ini sekitar 60 sampel yang  telah diakukan dan sementara ini hasilnya belum keluar. Diperkirakan hanya memerlukan 2 hari kedepan untuk mengetahui hasilnya.

“Kalau sampel yang kita kirimkan ke Balitbangkes belum tau persis kapan hasilnya keluar, harapan kita kalau bisa secepatnya lebih baik,” ujarnya.(*)

Reporter : Dwi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *