oleh

Tingkatkan Kualiatas Layanan di Puskesmas, BPJS Kesehatan Sosialisasikan Aplikasi P-Care

TARAKAN – Demi peningkatan kualitas layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan tak henti-hentinya berinovasi dan melakukan perbaikan di berbagai titik layanan. Salah satunya adalah pengoptimalan aplikasi P-Care demi terjaminnya layanan terbaik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Untuk memastikan bahwa seluruh FKTP telah maksimal dan paham bagaimana penggunaan fitur-fitur di aplikasi P-Care, BPJS Kesehatan Cabang Tarakan menggelar pertemuan sosialisasi bersama Person In Charge (PIC) P-Care Puskesmas di Kabupaten Bulungan.

Aplikasi P-Care sendiri merupakan sistem informasi, pencatatan dan penagihan berbasis web yang dapat diakses oleh FKTP dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Aplikasi ini selalu mendapatkan pembaruan dari segi fitur dan kegunaannya sehingga semakin memaksimalkan pelayanan di FKTP.

Baca Juga :  Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Provinsi

“Aplikasi P-Care digunakan oleh FKTP untuk mempermudah pelayanan baik dari segi efisiensi maupun efektifitas. Dengan dinamisnya perkembangan fitur-fitur di aplikasi P-Care, diperlukan sosialisasi dan refreshing berkala kepada PIC P-Care, sehingga penggunaannya dapat lebih maksimal,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Rita Zakiah.

Rita menambahkan, dalam kegiatan ini juga menyosialisasikan bentuk sistem informasi lainnya yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk menunjang pemberian pelayanan di FKTP. Antara lain, Health Facilities Information System (HFIS) yang berisi profil faskes,balamat, jadwal pelayanan, jadwal praktik dan lain-lain.

Baca Juga :  Warga Amal Lama Gelar Aksi Menolak Pembangunan Tembok Wisata Pantai Amal

Antrean Online FKTP yang memudahkan peserta mendaftar antrean di FKTP lewat Mobile JKN, Kessan yang merupakan fitur dalam Mobile JKN untuk peserta dapat memberikan pesan/survei kepuasan setelah pelayanan di FKTP dan Mobile JKN Faskes, aplikasi yang di akses oleh FKTP sebagai media konsultasi tidak langsung yang terhubung dengan Mobile JKN peserta.

Baca Juga :  Sekprov Kaltara Buka Sosialisasi Tabel Input-Output Dorong Pemulihan Ekonomi

“Melalui kegiatan ini, diharapkan PIC yang ditunjuk dari masing-masing puskesmas dapat merefresh kembali manfaat dari penggunaan beragam sistem informasi dan manajemen yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan. Dengan semakin meningkatnya keterampilan dan pemahaman PIC, maka dapat ikut meningkatkan pemberian layanan di lapangan,” ujarnya.(adv)

Sumber: DKISP Kaltara
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed