Layanan KB Metode MKPJ Diharapkan Penyeimbang Jumlah Penduduk dan Daya Dukung Pemerintah

TARAKAN – Peduli terhadap kesehatan masyarakat, Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes membuka kegiatan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Klinik Polkesdim 0907, Makodim 0907/Trk, Selasa (22/6/2021).

Kegiatan ini merupakan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-28 Tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 29 Juni. Sebagai bentuk peduli terhadap kesehatan masyarakat, Kodim 0907/Trk bekerjasama dengan BKKBN Kota Tarakan menggelar pelayanan KB Kesehatan tersebut.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1540 votes

Kegiatan KB kesehatan yang dibuka langsung oleh Walikota Khairul diikuti 43 Akseptor, terbagi dalam pelayanan KB jenis Implan dan pelayanan KB jenis IUD yang dilaksanakan di Poliklinik 06.09.02 Tarakan.

Baca Juga :  Jalin Ukhuwah Islamiyah, Komunitas Asik akan Gelar Baksos

“Atas nama pemerintah kota, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0907/Trk yang sudah memfasilitasi dan menyukseskan program Pelayanan KB (Sejuta Akseptor) guna mewujudkan masyarakat yang sehat, bahagia dan sejahtera,” ujar Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M. Kes.

Melalui program KB kesehatan yang selama ini telah dilaksanakan pemerintah, sejatinya pun bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk di Tarakan.

“Sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung yang disiapkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Baca Juga :  IMI Kaltara Pilih Jatim Sebagai TC Atlet Sebelum Laga PON XXI Aceh-Sumut

Sementara itu, Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan KB kesehatan ini adalah wujud sinergitas antara TNI, Pemerintah dan BKKBN dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat membentuk keluarga yang berkualitas sehat dan sejahtera.

“Sebagai Satkowil kami siap mendukung pemerintah daerah. Bukan hanya dalam segi KB kesehatan saja, akan tetapi dalam semua bentuk kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” kata Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto.

*Kegiatan ini sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat sejahtera, dengan mengendalikan angka kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk,” tambahnya.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Dalam program KB kesehatan ini, dia berharap dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk selaras dengan ketersedian pangan serta energi yang ada.

“Yang terpenting dari suksesnya pelaksanaan program KB ini, selain dapat mengendalikan pertumbuhan penduduk daerah juga sekaligus mampu menciptakan keluarga bahagia dan sejahtera,” tandasnya.(*)

Reporter: Yogi Wibawa
Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *