oleh

Nunukan Raih 9 Mendali Emas MTQ Provinsi, 4 Kafilah Terpilih Mewakili Kaltara ke Tingkat Nasional

NUNUKAN – Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 6 Tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) resmi di tutup oleh Gubernur Zainal Arifin Paliwang, Ahad 20 Juni 2021 kemarin, secara daring di Tanjung Selor.

Surat keputusan yang disampaikan oleh Koordinator Dewan Hakim tentang penetapan peserta terbaik Kafilah Nunukan meraih 9 mendali emas dan 8 mendali perak.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Nunukan Muhammad Amin, mengatakan kafilah MTQ kabupaten Nunukan mendapatkan 9 mendali emas, 8 mendali perak, dan selebihnya mendali perunggu dan juara harapan.

Jika dilihat dari jumlah perolehan mendali yang dapatkan tahun 2021 ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2020, hanya mendapatkan 3 emas selebihnya lebih banyak diperak. “Tahun lalu masuk peringkat ke 3 MTQ tingkat provinsi, walaupun belum Final prediksi kita peringkat ke-2, muda-mudi perhitungan kita benar,” kata Muhammad Amin, kepada benuanta.co.id, (21/6/2021).

Baca Juga :  Transaksi Pakai Uang Mainan Beli di Toko Online, Herman Diamankan Polisi di Nunukan

Jika dilihat dari jumlah perolehan mendali yang didapat kafilah kabupaten Nunukan tahun ini sebanyak 9 mendali emas, dan selebihnya mendali perunggu dan juara harapan, sedangkan untuk tahu 2020, hanya mendapatkan 3 mendali emas, dan perunggu jadi ada peningkatan 6 emas yang didapat. Jika dilihat dari rengking tahun lalu kabupaten Nunukan mendapat peringkat ke-3, ,” jelasnya.

Karena dua tahun pelaksanaan MTQ secera daring karena situasi Pandemi covid-19, itu tidak ada juara umum, hanya saja menyebutkan jumlah mendali. “Setelah dihitung jumlah mendali emas, perak perunggu, , sehingga dapat mengetahui posisi peringkat pertama, kedua atau ketiga,” ujarnya.

Baca Juga :  Sama-sama Tak Terima, Dua Kelompok Remaja Putri Tawuran di Nunukan Lapor Polisi

Lebih lanjut, Muhammad Amin menjelaskan, setelah mendapat juara ditingkat provinsi maka akan ada perwakilan kaltara maju ke babak berikutnya di Seleksi Tilawatil Quran (STQ) yang dilaksanakan di provinsi Maluku Utara, sekira bulan September atau Oktober 2021 tingkat Nasional.

“Jadi yang menjadi juara satu ini nantinya akan mewakili provinsi kaltara, namun saat ini kita belum mengetahui lomba apa saja yang ditandingkan di STQ nantinya,” jelasnya.

Selain itu, Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Nunukan, H.M.Tahir mengatakan, Sahrul Nizam berhasil meraih mendali emas dan juara 1 karya kaligrafi tingkat provinsi Kalimantan Utara, yang mana hasil karya itu akan dikirim ke kantor gubernur Kalimantan Utara, untuk dipajang diruangannya. Karena gubernur minta hasil karya kaligrafi yang juara 1 dan akan dipajang diruangannya,” jelasnya.

Baca Juga :  TNI Limpahkan Miras ke Bea Cukai Nunukan, Potensi Kerugian Negara Ratusan Juta Rupiah

Tida hanya itu kafilah MTQ Kabupaten Nunukan juga meraih Juara 1 fahmil Quran yakni Nurdini Fajrina, Fitriani Syahputri dan Mis Sriani.

“Insyaallah ada 4 orang bisa kenasional, yakni Muh Safawi (Tilawah Anak-anak putra) Filza Ayu (tilawah anak-anak putri), Jumardin (Hafalan 20 Juz) Syakinah (Hafalan 5 Juz),” terangnya. (*)

Reporter: Darmawan
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed