oleh

UPTB Samsat Rutin Razia Guna Meningkatkan Kesadaran Warga Bayar  Pajak

TANA TIDUNG – Minimnya kesadaran masyarakat Kabupaten Tana Tidung (KTT) untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) membuat Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Samsat KTT gencar melakukan razia sekaligus sosialisasi ke masyarakat.

Kamis, 17 Juni 2021 kemarin, UPTB KTT melakukan razia di depan Pasar Imbayud Taka KTT dengan bekerjasama dengan Polsek Sesayap, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja KTT.

Kepala UPTB Tana Tidung, Djohan Dasi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sektor pajak daerah. Sasaran dari razia ini yaitu pajak dari kendaraan bermotor, baik roda dua, maupun roda empat.

“Kegiatan seperti ini rutin kami laksanakan, biasanya sebulan bisa 2 kali kami razia. Kegiatan ini rutin kami laksanakan agar meningkatkan kesadaran masyarakat, agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Tana Tidung bisa terangkat,” kata Djohan Dasi.

Kepada penggendara yang terlambat membayar pajak, dia mengatakan akan dilakukan penahanan notif pajak. Karena menurutnya percuma dibawa jika sudah tidak berlaku.

“Dari beberapa penggendara yang terjaring, sebagian langsung melakukan pembayaran, dan ada juga yang tidak langsung membayar. Jadi kami tahan notifnya,” ujarnya.

Menurut dia, dalam gelar operasi yang melibatkan Dishub, Satpol PP dan Kepolisan ini sebagai bentuk mengingatkan. Karena berbeda dengan razia dari kepolisian biasanya langsung menahan kendaraan.

“Jadi dari razia yang kami lakukan tadi menemukan sekitar 30 orang pengendara baik roda dua maupun roda 4 yang telat membayar pajak,” ungkapnya.

Untuk itu, Ia berharap dengan rutinnya melakukan sosialisasi, kesadaran masyarakat akan tumbuh dengan rutin membayar pajak setiap tahunnya.(*)

Reporter : Dwi
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

20 + 9 =