oleh

Manuel Locatelli antar Italia ke babak 16 besar

Jakarta – Manuel Locatelli mengantarkan tim nasional Italia melangkah ke babak 16 besar Euro 2020 seusai dua golnya menyokong kemenangan 3-0 atas Swiss dalam lanjutan Grup A di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kemenangan tersebut membuat Italia kembali ke puncak klasemen Grup A, setelah sempat digusur oleh Wales selama beberapa jam.

Dengan raihan enam poin, Italia dipastikan akan finis setidaknya di dua tempat teratas klasemen akhir Grup A, demikian catatan laman resmi UEFA.

Locatelli memang menjadi salah satu calon bintang turnamen dan ia memanfaatkan penuh kesempatan yang didapat menyusul cedera yang hingga kini masih membekap pilihan utama Roberto Mancini, Marco Verratti.

Baca Juga :  Atl Madrid Ditahan Imbang Tanpa Gol oleh Athletic Bilbao

Kepercayaan itu dibayar lunas oleh jebolan akademi AC Milan yang kini berseragamkan Sassuolo tersebut dengan memborong dua gol kemenangan Italia di laga kali ini. Satu gol lainnya dicetak oleh Ciro Immobile.

Locatelli membuka keunggulan Italia pada menit ke-26 saat ia berlari kencang dari tengah lapangan ke dalam kotak penalti Swiss untuk menyambut umpan tarik Domenico Berardi dengan sontekan mudah.

Gelandang berusia 23 tahun itu lantas menggandakan keunggulan Italia tujuh menit memasuki babak kedua dengan kecermatannya melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti yang membuat kiper Yann Sommer mati langkah.

Baca Juga :  Manchester United Menang Dramatis 2-1 atas West Ham

Swiss sempat berpeluang membalas pada menit ke-64 ketika Steven Zuber memaksa kiper Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang di area tiang dekat. Bola yang masih hidup berusaha dikirimkan oleh Zuber ke arah Breel Embolo, tetapi Donnarumma segera mengamankannya.

Permainan Swiss yang tak kunjung berkembang berhasil dimanfaatkan oleh Italia untuk menyimpan tenaga mereka. Bahkan semenit jelang bubaran waktu normal Immobile melengkapi kemenangan tuan rumah jadi 3-0.

Menerima umpan dari Rafael Toloi yang sebelumnya mencuri bola dari Djibril Sow, Immobile melepaskan tembakan spekulatif dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan oleh Sommer.

Baca Juga :  Diwarnai Sembilan Gol, Man City Gasak Leipzig

Kapten Italia, Giorgio Chiellini, sebetulnya sempat menjebol gawang Swiss pada menit ke-19, tetapi gol itu dianulir karena bek Juventus itu dinyatakan sudah terlebih dulu melakukan pelanggaran handball.

Sekira lima menit setelah golnya dianulir, Chiellini meninggalkan lapangan digantikan Francesco Acerbi sembari terlihat meringis kesakitan memegangi hamstring.

Italia selanjutnya akan menjamu Wales dalam perebutan posisi puncak Grup A pada Minggu (20/6) di Roma, ketika Swiss harus terbang ke Baku, Azerbaijan, untuk menghadapi Turki. (ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed