oleh

BNNP Kaltara Terbatas Sarpras, Ketua DPRD Kaltara : Kita Berusaha Dukung Anggaran

TARAKAN – DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berupa mendukung pemberantasan narkoba di Kaltara. Ini ditunjukkan dengan dukungannya dalam pemenuhan sarana dan prasarana (Sarpras) yang dimiliki Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara. Sebab hal ini menimbulkan kendala dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika, khususnya di wilayah perairan.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol. Samudi mengatakan, demografis wilayah Kaltara didominasi oleh penggunaan transportasi laut, sehingga pergerakan narkotika banyak ditemui di wilayah perairan.

“Demografis perairan memang menjadi kendala BNNP dalam melakukan pencegahan pergerakan narkotika. Karena kita tidak memiliki sarana maupun prasarana untuk aktivitas perairan, seperti speedboat dan lainnya,” ujar Samudi, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga :  DPRD Kaltara Harapkan Peralihan Dana Hibah ke OPD Harus Baik

Dijelaskan Samudi, dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan pergerakan narkotika, BNNP Kaltara selalu menggandeng instansi terkait di Kaltara yang memiliki transportasi laut lengkap.

“Kita selalu menggandeng dengan Bea Cukai, karena Bea Cukai sarana prasarana untuk perairan sangat lengkap. Sehingga dari dulu kami selalu mengajak Bea Cukai untuk mencegah dan memberantas beberapa pengungkapan kasus narkoba di perairan,” terangnya.

Baca Juga :  Tak Lagi Sembarang Tempat, Perda KTR Mulai Disosialisasikan di Kaltara

Sementara itu, bertepatan dengan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris mengatakan, pihaknya akan berusaha mendukung anggaran operasional BNNP Kaltara.

Norhayati menilai, demografis bumi Benuanta memang menjadi tantangan operasi BNNP Kaltara dalam mencegah dan memberantas narkoba.

“Memang perlu didukung sarana speedboat agar efektif dalam pengawasan peredaran narkoba. Para pengedar itu tidak hanya di perairan, daratan, tetapi juga di jalur-jalur tikus. Sehingga kelengkapan sarana dan prasarana BNNP Kaltara harus memadai,” kata Norhayati pada Sabtu, 12 Juni 2021.

Baca Juga :  Ringkus Oknum Satpol PP Diduga KDRT, Polisi Diserang Pakai Sajam

“Yang bisa dibantu atau diperjuangkan DPRD ya anggaran lah,” imbuhnya. Untuk nilainya, Norhayati masih enggan menyebutkan kepada benuanta.co.id.(*)

Reporter : Kristianto Triwibowo
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *