oleh

Pelayanan Prima dan Berdayakan Disabilitas, Kampung Satu Raih Kelurahan Terbaik

TARAKAN – Meraih kategori Kelurahan Terbaik di Kota Tarakan tentu upaya yang tidak mudah. Kelurahan Kampung Satu Skip telah meraih capaian ini sejak tahun 2012 lantaran optimalnya peran pemberdayaan masyarakat yang mampu melahirkan berbagai potensi.

Dikatakan Lurah Kampung Satu Skip, Sijabat KTM S.Stp.,M.H kepada Benuanta.co.id, pihaknya sangat bersyukur bisa meraih kategori tersebut dalam Lomba Kelurahan Terbaik Se-Kota Tarakan.

Sijabat yang memimpin lebih dari 12.000 jiwa penduduk dan 21 Rukun Tetangga (RT) itu mengatakan, selama ini pihaknya berjibaku agar pelayanan prima kepada masyarakat dan program pemberdayaan masyarakat salah satunya disabilitas terus berjalan.

Baca Juga :  Vaksinasi Merdeka dan Pemberian Sembako di Gedung Wanita kepada 1.000 Warga

Sehingga, pada 11 Mei 2021 Kelurahan Kampung Satu Skip meraih Kelurahan Terbaik dalam Lomba Kelurahan Terbaik Se-Kota Tarakan.

“Bersyukur sekali kami bisa memenangkan Lomba Kelurahan Terbaik. Pada tanggal 25 Juni 2021 nantinya akan berlanjut di tingkat Provinsi Kalimantan Utara dan bila berhasil akan berlanjut di kancah nasional. Mohon doa dan dukungannya,” ungkap Sijabat pada Jumat, 11 Juni 2021.

Baca Juga :  3 Hari Tenggelam, Hamzah Ditemukan Tengkurap Tak Bernyawa di Perairan Tanjung Pasir

Bagi Sijabat, pemberdayaan masyarakat sungguh bernilai bagi kelurahan yang tergabung di Kecamatan Tarakan Timur ini.

“Kita memiliki kelompok disabilitas yang diperdayakan untuk membuat batik. Salah satunya batik yang dipakai oleh Pakaian Dinas Harian (PDH) Pemerintah Kota Tarakan yang juga disepakati menjadi batik Tarakan,” sambung dia.

Selain itu potensi-potensi yang ada di wilayah tersebut yakni tenun, penyulingan minyak kayu putih, wisata alam di Gunung Selatan, Wisata Buah, wisata Embung, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Binaan, kelompok pengolah sampah.

Baca Juga :  Kasus Melandai, Walikota Khairul Isyaratkan PPKM Bakal Turun Level

Mengenai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), Kelurahan ini juga melibatkan penduduk dalam prosesnya.

“Kami bekerjasama dengan Karang Taruna membina para pecandu narkoba agar bisa berkarya, kita juga ada Barisan Pemuda Pemadam Kebakaran (Belakar) dan sering juga mengadakan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana,” tutup Lurah Kampung Satu Skip. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo
Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed