Jarak Masih Jadi Kendala Sekolah Sepi Peminat

TARAKAN – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Tarakan, Tajuddin Tuwo mengatakan akan tetap melanjutkan proses belajar mengajar bagi sekolah-sekolah yang sepi peminat.

Tahun ajaran sebelumnya masih ada sekolah yang sepi peminat. Misalnya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 yang lokasinya berada di Jalan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1542 votes

“Ya kita belum tahu kalau sekarang. Kalau dulu ada SMP yang masih belum terpenuhi, misalnya ada menerima 4 kelas yang ternyata hanya terisi dua kelas saja. Pengalaman tahun sebelumnya itu seperti SMP Negeri 10,” ujar Kadisdikbud Kota Tarakan, Tajuddin Tuwo kepada benuanta.co.id, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga :  Buntut Ancam Orang Pakai Sajam, AW Masuk Bui

“Kita tetap menerima seperti biasa saja, kalau pun di sana sekolah tidak terisi dan anak-anak dipastikan sudah sekolah kan tidak masalah. Kendalanya itu (sepi peminat) jarak mungkin karena memang agak jauh ya. Meskipun jauh, ada bus juga yang disiapkan oleh pemerintah. Jadi sebenarnya anak yang tinggal di kota itu bisa sekolah di sana karena ada bus yang bisa mengantar jemput anak-anak,” tambahnya.

Baca Juga :  DKP Kaltara Tes Kandungan Formalin pada Ikan di Tiga Pasar Tradisional Tarakan

Adanya persoalan tersebut, Disdikbud Tarakan juga enggan untuk mengalihkan siswa ke sekolah yang belum memiliki keterisian yang ditargetkan sekolah. Sebab, hal itu nantinya akan tergantung orang tua untuk memutuskan dimana sekolah yang tepat untuk anaknya.

“Kalau misalnya memang segitu kemudian ada lebih diminati lagi sekolah swasta justru lebih bagus lagi. Artinya memang siswa dengan jarak ke sekolah itu memang harus didekatkan dengan rumah, makanya itu dilaksnakan sistem zonasi supaya tidak merepotkan orang tua yang tinggal jauh yang kemudian disekolahkan di tempat yang jauh dari rumah,” tandasnya. (*)

Baca Juga :  Ini Saran Ombudsman Koreksi Layanan Mudik di Pelabuhan Malundung Tarakan

Reporter : Yogi Wibawa
Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *