oleh

Gubernur Kaltara Sebut Pentingnya Peran Satlinmas untuk Perlindungan Masyarakat

TANJUNG SELOR – Dukung peningkatan ketenteraman di lingkungan masyarakat, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum hadir membuka acara sekaligus menjadi narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Malinau Tahun 2021.

Hadir secara daring dari Ruang Rapat Kantor Gubernur, Rabu (9/6/2021), Gubernur Zainal menyampaikan bahwa satlinmas merupakan salah satu elemen penting dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Perlindungan yang dimaksud adalah upaya dalam penanganan untuk memperkecil dan mengurangi kemungkinan terjadinya bencana.

“Berhubungan dengan berbagai macam bencana yang akan dihadapi ke depan, anggota satlinmas diharapkan dapat membantu aparat keamanan dalam menanggulangi hal tersebut,” ujar Gubernur saat membuka acara.

Baca Juga :  Tiba di Long Bawan, TP-PKK Kaltara Salurkan Bantuan Kesehatan untuk Ibu dan Balita

Pria kelahiran Makassar ini juga menjelaskan beberapa pola perlindungan masyarakat yang dapat dilakukan, di antaranya yakni tindakan awal seperti melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, membangun jaringan deteksi dini, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai norma dan peraturan, serta tindakan lainnya.

“Pola perlindungan ke dua adalah tindakan pencegahan seperti melakukan penjagaan, pengawalan dan patroli, melakukan deteksi atau peringatan dini, serta melakukan koordinasi antara aparat dan masyarakat,” ujar Gubernur menjeskan.

Baca Juga :  Gencarkan Pembangunan Kaltara, Gubernur Jalin Kerja Sama dengan Unpad dan PT ENM

Ia juga menerangkan bahwa satlinmas berfungsi sebagai mata dan telinga pemerintah yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk dapat melihat dan mendengarkan secara langsung berbagai aspirasi. Menurutnya, mustahil bagi seorang pimpinan untuk dapat menjaga keamanan tanpa bantuan dan dukungan dari berbagai elemen.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa satlinmas merupakan salah satu potensi yang dapat diberdayakan pada tingkat desa, kecamatan, kabupaten, serta provinsi dalam membantu menjaga keamanan, ketertiban umum, dan perlidungan masyarakat secara swakarsa.

Baca Juga :  Pesawat Cassa Pulih, Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji di Krayan Kembali Normal

Selain itu, Gubernur Zainal juga mengingatkan pentingnya penerapan protokol kesehatan di tengah menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari demi memutuskan rantai penularan Covid-19 di Bumi Benuanta.(saq)

Sumber : DKISP Kaltara
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *