oleh

Bersama Kadis Perikanan, Bupati Wempi Dialog Langsung dengan Nelayan Sungai Sesayap

MALINAU – Pererat tali silaturahim dengan para nelayan, Bupati Malinau Wempi W Mawa,.SE menemui para nelayan di Sungai Sesayap dengan menggunakan kapal tongkang. Kedatangan Wempi tersebut bersama dengan jajaran Dinas Perikanan dan Kelautan Malinau pada Rabu, 9 Juni 2021.

Sebelum membuka kegiatan dialog bersama nelayan, kepala Dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Malinau, Sofyan terlebih dahulu menyampaikan laporan kegiatan. Sofyan menyampaikan, kegiatan ini dihadiri oleh 11 kelompok nelayan sungai sesayap yang jika ditotal berjumlah 200 nelayan lebih.

Ia juga menambahkan kegiatan ini dilakukan agar bupati dapat mendengar langsung keluhan yang disampaikan oleh para nelayan di Sungai Sesayap.

“Saya harap dengan adanya pertemuan kali ini, bapak sebagai bupati dapat melihat langsung keadaan para nelayan kita,” kata Sofyan.

Baca Juga :  Berkat Perjuangan Yansen TP ke Pusat, Malinau Dapat Watermeter Bersubsidi

Menurutnya, kondisi para nelayan Sungai Malinau semakin memprihatinkan lantaran semakin merosotnya pemasukan mereka yang disebabkan oleh beberapa hal.

“Jujur jika saya boleh katakan baik tangkapan dan hasil penjualan kita ini semakin turun setiap tahunnya pak,” ungkapnya.

“Meski kita sudah mengarahkan anggaran daerah dan anggaran dari program negara untuk membantu nelayan dengan memberikan mesin baru dan sebagainya. Hal itu tetap tidak dapat merubah kondisi nelayan kita,” pungkasnya.

Dalam kondisi seperti ini Sofyan menjelaskan, sulitnya kondisi para nelayan Sungai Sesayap beberapa waktu ini. Ialah karena adanya penangkapan ikan yang dilakukan dengan cara-cara ilegal oleh oknum tak bertanggung jawab.

“Kita dapat melihat nelayan kita di sini sudah sesuai aturan melakukan penangkapan ikan. Akan tetapi masalah kita ini ialah, adanya oknum tak bertanggung jawab yang menangkap ikan dengan cara meracun dan menyentrum,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Bupati Malinau Klaim Berhasil Atasi Dampak Pandemi Covid19, Hingga Naiknya Ekonomi Malinau

Reporter : Osarade

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed