Vaksinasi Nakes dan Pelayanan Publik di Tarakan Hampir Capai 100 persen

TARAKAN – Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti mengatakan, jumlah vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) dan pelayanan publik di Tarakan sudah hampir mencapai 100 persen.

Setidaknya bagi nakes telah mencapai sasaran sebanyak 3.078 orang yang telah terdaftar di aplikasi SDM Kesehatan di Kementrian Kesehatan. Dari jumlah sasaran ini, yang sudah di vaksin dosis pertama sebanyak 2.815 orang, dan yang sudah mendapatkan dosis kedua sebanyak 2.515 orang.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2051 votes

“Karena ada nakes yang terpapar, padahal sudah jadwal vaksin jadi harus menunggu tiga bulan. Nakes ini kan yang pertama divaksin, sudah lama jadi ada yang sudah dosis kedua dan ada yang baru dosis pertama,” ujar Jubir Satgas Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti kepada benuanta.co.id, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga :  Cuaca Panas Terik di Kaltara, Ini Penjelasan BMKG

Sedangkan untuk lanjut usia (lansia), ditargetkan 17.527 orang yang akan mendapatkan vaksin. Namun, pada vaksin alokasi dosis pertama hanya mendapatkan 1. 750 saja. Sehingga, lansia yang sudah mendapatkan vaksin sebanyak 1.509 orang dosis pertama dan dari jumlah ini yang sudah mendapatkan dosis kedua sebanyak 893 orang.

Pelayanan publik, termasuk guru pelaku pariwisata dan ASN maupun pegawai Perumda dan BUMN dari sasaran 22.294 yang menerima vaksin tahap pertama sebanyak 6.707 orang. Dari jumlah dosis pertama, dan yang sudah mendapatkan dosis kedua sebanyak 4.707 orang.

Baca Juga :  Pria yang Gantung Diri di Juata Laut Sempat Tulis Wasiat

“Distribusi vaksin dari pusat itu tergantung dari kecepatan vaksinasi kita. Waktu Lebaran itu kita tidak dapatkan vaksin, karena kita tidak melakukan vaksinasi massal dan lebih banyak vaksinasi di fasilitas kesehatan (Faskes). Tapi, banyak orang yang sudah di hubungi tetapi tidak datang, alasannya nanti saja, jadi dicari lagi penggantinya,” tukasnya.

Satgas mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan  protokol kesehatan Covid-19 agar virus ini cepat hilang dari Tarakan bahkan Indonesia.

Baca Juga :  Curi dan Preteli Motor Korbannya, Tiga Sekawan Ini Ditangkap Polisi

“Tetap pakai masker ya, jaga jarak jangan berkerumun, rajin mencuci tangan dan kurangi mobilitas di luar rumah bila bukan sesuatu yang urgent, ” tutupnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa
Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *