Selain Jalan Tol, Kaltara dan Kaltim Jajaki Kerja Sama Bidang Kelautan dan Perikanan

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H.  Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (4/6/2021). Dalam kunjungan kerja kali ini, Gubernur Zainal bertemu langsung dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor guna menjajaki kerja sama dari berbagai bidang yang ada di Kaltara dan Kaltim.

Sebelumnya, pertemuan orang nomor satu di Kaltara dan Kaltim itu untuk membahas peningkatan infrastruktur lintas provinsi, khususnya pembuatan jalan tol. Seriring berjalannya pertemuan singkat itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dan Kaltim ingin meningkatkan adanya kerja sama di bidang kelautan dan perikanan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2021 votes

BACA BERITA TERKAIT:

“Tadi saya dan Gubernur Kaltim membahas rencana pembangunan jalan tol di Bulungan dan Berau, selain itu kami juga membahas kerja sama di bidang kelautan dan perikanan,” jelas Gubernur Zainal.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Gubernur Zainal menerangkan, ketertarikan Pemprov Kaltara ingin bekerjasama di bidang kelautan dan perikanan, bukan tanpa dasar. Pasalnya, seperti diketahui hasil kelautan di Kaltara dan Kaltim sangat baik dan menjanjikan. “Kan kita sama-sama tahu, di Kaltara ini hasil kelautannya seperti ikan, udang, kepiting dan rumput lautnya sangat bagus kualitasnya,” terang Gubernur Zainal.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

Sebagai contoh, kerja sama apa yang bisa dijalin dalam bidang kelautan dan perikanan, dikatakan Gubernur Zainal, jika di Kaltim memiliki pabrik pengolahan ikan dan sebagainya, dari Kaltara bisa mengirimkan hasil perikanannya ke Kaltim.

Sebaliknya, lanjut Gubernur Zainal, jika di Kaltara juga memiliki pabrik pengolahan rumput laut dari Kaltim pun bisa mengirimkan hasil budidaya rumput lautnya, agar dapat diolah di Kaltara. “Kalau selama ini baik Kaltara dan Kaltim harus mengirim jauh hasil perikanannya, jadi kenapa tidak kita jajaki kerja sama ini daripada harus mengirim jauh lagi,” bebernya.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

Gubernur Zainal memastikan, jika kerja sama ini dapat dijalani dengan baik, tentunya akan membawa dampak yang baik juga untuk masyarakat di Kaltara dan Kaltim. “Semoga apa yang kita rencanakan ini bisa terlaksana dengan baik, dengan begitu bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, terutama para nelayan di Kaltara dan Kaltim,” pungkasnya. (mil)

 

Sumber: DKISP Kaltara

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *