Selain Covid-19, Penyakit yang Disebabkan Rokok Perlu Jadi Perhatian

TARAKAN – Selain pandemi Covid-19, penyakit tidak menular juga harus menjadi perhatian khusus oleh seluruh kalangan. Salah satunya bahaya asap rokok terhadap anak dan keluarga di rumah.

Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes. mengungkapkan banyak masyarakat usia muda menderita penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, termasuk merokok.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1235 votes

“Yang lebih miris lagi, merokok dimulai oleh anak usia sekolah, termasuk perempuan, bukan hanya laki-laki,” ujar Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes.

Baca Juga :  Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

Kekhawatirannya terhadap penyakit tidak menular sebagai akibat merokok ini, nantinya akan semakin meningkat akibat jumlah perokok saat ini.

Bahkan di tengah pandemi Covid-19, jumlah perokok hingga Oktober 2020 lalu masih mengalami kenaikan secara persentase walaupun volume konsumsi relatif turun.

Kaum ibu dan anak-anak juga banyak menjadi korban perokok pasif, akibat interaksi di tempat kerja dan di rumah.

Baca Juga :  Ibu Hamil Konsumsi Karbohidrat Kompleks Agar Kenyang Lebih Lama

“Pertama, jangan siapkan asbak di rumah, yang kedua, orang tua jangan beri contoh untuk merokok ke anak-anak,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Walikota Khairul mengajak warga masyarakat untuk semakin menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan pun terus berkomitmen untuk memajukan sektor kesehatan, terbukti walaupun dalam kondisi pandemi, berbagai indikator pembangunan manusia di bidang kesehatan masih terus meningkat.

Baca Juga :  Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh

Misalnya angka harapan hidup di Kota Tarakan yang sejauh ini masih tertinggi di Kaltara, dan berada jauh di atas rata-rata nasional. Pembiayaan kesehatan sekarang ini bahkan menempati porsi 28 persen dalam APBD. (*)

Reporter : Yogi Wibawa
Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *