Dandim 09/10 Malinau Ingin Pancasila Dipahaim Setiap Individu

MALINAU – Dandim Kodim 09/10 Malinau, Letkol Inf Sofwan Nizar,.Sos,.M.Han ingin masyarakat Malinau dapat memahami makna sesungguhnya dari pancasila. Hal itu disampaikannya saat memperingati Hari Lahir Pancasila pada Selasa, 1 Juni 2021.

Diterangkannya, momentum Hari Lahir Pancasila tidak hanya sekedar hari peringatan saja, melainkan juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut dia, Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

“Kita harus ingat perjuangan dari para pendahulu kita dalam membangun bangsa dan negara ini. Maka dari itu kita harus paham memaknai nilai dari Pancasila,” kata Dandim.

Tanpa disadari masyarakat selama ini telah hidup dalam landasan Pancasila. Meski begitu, masih banyak juga masyarakat yang lupa tentang apa makna dari Pancasila.

“Sejak lahir dan hidup hingga saat ini kita pasti memiliki perbedaan baik suku, agama dan lainnya. Tapi dalam perbedaan itulah kita semakin menyatu dan kuat dalam membangun peradaban ini, dan inilah sebagian keci makna dari Pancasila,” pungkasnya.

Dandim juga menambahkan, makna dari Pancasila itu haruslah bisa dipahami setiap individu dan menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar, agar makna dari Pancasila dapat diwariskan terus-menerus kepada generasi bangsa.

“Baik orang tua juga harus paham apa itu Pancasila agar dapat mengajarkan kepada anaknya, ajarkan keyakinan ketuhanan sesuai dengan sila pertama dan ajarkan apa itu pentingnya hidup dalam perbedaan,” tuturnya.

“Karena Pancasila merupakan warisan luhur kita dan juga landasan kita sebagai bangsa yang besar yakni bangsa Indonesia,” tutupnya. (*)

Reporter : Osarade
Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *