oleh

Tak Terpengaruh Banjir, PDAM Malinau Jamin Kualitas Kebersihan Air

MALINAU – Intensitas aliran air sungai di Kabupaten Malinau masih cukup tinggi. Hal ini membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Apa Mening Malinau, optimis tetap bisa menjaga kualitas kebersihan air yang dialirkan ke rumah pelanggan.

Meski kualitas air Apa Mening sempat diragukan, khususnya pasca banjir, namun Manajer Teknis PDAM Apa Mening, Sofyan mengklaim kualitas air PDAM belum terpengaruh dengan keadaan sungai pasca banjir.

“Untuk kualitas dan kebersihan kita bisa mengecek sendiri langsung di lapangan atau di rumah-rumah masyarakat dan kondisi airnya kita jamin sangat bersih,” kata Sofyan.

Baca Juga :  Oleng, Truk Bermuatan Sawit Terguling hingga ke Bibir Jalan

Sofyan juga menjelaskan, selama ini pengelolaan air PDAM Apa Mening sangat terjaga kualitasnya, khususnya air yang langsung dikelola oleh PDAM.

“Bahkan jika kualitasnya tidak baik pun kita pasti infokan ke masyarakat. Seperti saat kejadian pencemaran air sungai beberapa waktu yang lalu, kita infokan kalau air kita hanya bisa digunakan untuk mandi dan tidak bisa dikonsumsi,” pungkasnya.

Sofyan menambahkan, untuk Kabupaten Malinau memang ada beberapa sumber air yang tidak dikelola oleh PDAM. Sehingga hal ini yang kadang membuat sebagian masyarakat menjadi salah presepsi mengenai kualitas air yang dikelola PDAM.

Baca Juga :  Kebakaran Ludeskan 4 Rumah Warga Desa Malinau Hulu

“Untuk wilayah pengelolaan air PDAM kita pasti jaga kok kebersihannya. Namun memang ada juga air yang dikelola oleh masyarakat langsung, seperti daerah yang jauh dari perkotaan dan itu juga kadang masih dikira air Apa Mening, padahal bukan,” bebernya.

Sementara itu, Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malinau, Dr. Ernes Silvanus,.M.Si menambahkan, saat ini permasalahan PDAM Apa Mening bukanlah terletak pada kualitas airnya, melainkan pada sambungan pipa pengelolaan air yang saat ini belum tersambung secara menyeluruh.

“Kalau kualitas kita tidak usah khawatir, karena PDAM Apa Mening sendiri selalu menerima penghargaan dan itu bukti kualitas air yang diolah Apa Mening sangat bagus,” kata Ernes.

Baca Juga :  Sepekan Operasi Patuh Kayan, Masih Ditemui Pengendara Langgar Prokes

“Justru saat ini sambungan pipa air kita yang harus diperhatikan. Pasalnya tiap wilayah PDAM Apa Mening menggunakan sungai yang berbeda untuk sumber airnya, dan pipanya itu harus bisa kita sambungkan. Jadi jika salah satu sungai airnya tidak bisa diolah, maka pelayanan Apa Mening tidak akan terganggu karena masih ada sungai yang lain,” tutupnya.(*)

Reporter : Osarade
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *