oleh

Kenali Tiga Kompetisi Klub Eropa Musim Depan

Jakarta – Mulai musim 2021/22 UEFA akan menyelenggarakan tiga kasta kompetisi klub Eropa dengan digelarnya edisi inagurasi ajang strata ketiga yakni Liga Conference, yang akan mendampingi Liga Champions dan Liga Europa.

Kehadiran Liga Conference terutama sangat mempengaruhi kakaknya, Liga Europa, yang bakal mengurangi jumlah peserta serta mengubah format babak gugurnya.

Berikut adalah penjelasan singkat tiga kompetisi antarklub Eropa musim depan:

Liga Champions

Kendati UEFA baru-baru ini mengumumkan format baru yang kesohor sebagai Swiss Model, sistem liga tunggal itu baru akan diberlakukan pada musim 2024/25, tentunya jika nasibnya lebih baik dibanding proyek Liga Super Eropa dalam menghadapi kritik dari publik yang mengalir sama derasnya.

Baca Juga :  Kempo Kaltara Bertanding di E-Kata Nasional Championship, Optimis Raih Emas

Partai final Liga Champions 2021/22 dijadwalkan akan dilangsungkan di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia pada 28 Mei 2022.

Krestovsky sebetulnya dijadwalkan menggelar final 2021, tetapi pandemi COVID-19 memaksa UEFA merelokasi final edisi 2020 lalu sehingga memundurkan urutan venue-venue final yang sebelumnya sudah diputuskan.

Liga Europa

Sebagaimana sudah disebutkan, kehadiran edisi inagurasi Liga Conference, membuat Liga Europa musim ini hanya diikuti oleh 32 tim fase grup.

Lantas perubahan juga terjadi pada format babak gugur, di mana para juara grup akan langsung melaju ke babak 16 besar sedangkan tim-tim runner-up akan menghadapi tim-tim peringkat ketiga grup Liga Champions dalam putaran praeliminasi.

Baca Juga :  Liverpool Dikabarkan Tengah Berusaha Perpanjang Kontrak Mohamed Salah

Sejak babak 16 besar hingga final tidak ada perubahan apapun dibandingkan format yang sudah berlaku tahun-tahun sebelumnya.

Final Liga Europa 2021/22 akan dimainkan di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, pada 18 Mei 2022.

Sama seperti venue final Liga Champions, final Liga Europa juga urutannya mundur setahun karena pandemi COVID-19 yang merusak kalender sepak bola Eropa setahun terakhir.

Liga Conference

Tidak seperti Liga Champions ataupun Liga Europa, tidak ada tiket langsung menuju fase grup Liga Conference.

Baca Juga :  RB Leipzig Sukses Taklukkan Manchester City 2-1

Di antara 32 tim yang nantinya tampil di fase grup Liga Conference, 22 di antaranya akan menempuh jalur kualifikasi sedangkan 10 lainnya adalah tim-tim yang gugur di fase playoff kualifikasi Liga Europa.

Format babak gugur Liga Conference juga akan menerapkan putaran praeliminasi yang mempertemukan tim-tim runner-up grup dengan tim-tim peringkat ketiga grup Liga Europa.

Pemenangnya bakal bertemu dengan para juara grup di babak 16 besar yang formatnya sama seperti dikenal saat ini.

Partai final perdana Liga Conference akan dimainkan di Stadion Arena Kombetare di Tirana, Albania, pada 25 Mei 2022. (ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *