Calon Kepala Desa di Tana Tidung Jalani Seleksi Akademik

TANA TIDUNG – Para calon Kepala Desa (Kades) di tiga desa di kabupaten Tana Tidung (KTT) mengikuti seleksi akademik yang dilaksanakan di gedung Bepokot Kecamatan Sesayap, Rabu 19 Mei 2021.

Ketua Pemilihan Kepala Desa KTT, Edi Sucipto mengatakan, seleksi akademik tersebut dilakukan karena peserta calon kepala desa di tiga desa tersebut melebihi kuota maksimal yang telah ditetapkan, yaitu lima calon.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

“Ada tiga desa yang mengikuti tes calon Kepala Desa, yaitu Desa Tideng Pale, Tideng Pale Timur dan Bebatu. Karena jumlah calonnya melebihi 5 orang, jadi dari seleksi ini hanya lima orang calon Kades saja yang dapat mengikuti tahapan pemilihan di setiap desa,” ungkap Edi Sucipto.

Dia menuturkan, seleksi tambahan ini merupakan aturan yang baru diberlakukan pada Pilkades Serentak tahun 2020, dengan tujuannya agar tingkat intelektual dan wawasan Calon Kades dapat teruji dari seleksi akademik.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

“Kalau tidak hadir saat tes seleksi maka otomotis gugur. Kita ingin yang menjadi calon kades adalah orang-orang yang terbaik, punya komitmen, jujur, berwawasan dan mau bekerja untuk memajukan desanya,” ungkap Edi Sucioto.

Pelaksanaan seleksi calon kades, ungkap Edi, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dengan mewajibkan peserta untuk memakai masker. Pihak panitia juga telah menyiapkan handsanitizer, air dan sabun, agar sebelum memasuki ruangan dapat mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Tancap Gas! Kawan Ibrahim Ali Kembalikan Formulir Pendaftaran ke Golkar dan Hanura

“Harapan kami untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak yang akan dilaksanakan di Kabupaten Tana Tidung akan menciptakan Pilkades yang aman, sehat, dan berkualitas,” harap Edi Sucipto.(*)

 

Reporter : Dwi

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *