oleh

Realisasi Pendapatan, Belanja dan Transfer Pemkab Bulungan Tahun 2020 Hampir 100 Persen

TANJUNG SELOR – Tak hanya Provinsi Kaltara yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemerintah Kabupaten Bulungan ternyata berhasil pertahankan opini WTP yang diserahkan oleh BPK RI atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bulungan tahun anggaran 2020.

“Kami sambut gembira opini WTP ini, karena selama 2 tahun berturut Pemkab Bulungan berhasil mempertahankan prestasi itu, sebelumnya juga kita meraih WTP untuk LKPD tahun anggaran 2019,” ungkap Bupati Bulungan Syarwani kepada benuanta.co.id, kemarin.

Walaupun mendapatkan WTP, pihaknya merasa masih banyak kelemahan dan kekurangan dalam menyusun LKPD, sehingga didapati adanya temuan untuk segera ditindaklanjuti agar lebih baik lagi.

Baca Juga :  Angka Herd Immunity Terpenuhi, Dinkes Bulungan Belum Puas Sebelum Tembus 80 Persen

“Pemkab Bulungan telah menyusun rencana aksi, dalam pelaksanaannya kami masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari BPK agar tindak lanjut hasil audit dapat terselesaikan tepat waktu,” ucapnya.

Dari hasil audit LKPD Kabupaten Bulungan tahun anggaran 2020, perihal yang diperiksa BPK meliputi Laporan Realisasi Anggaran (LRA). Didapati untuk Pendapatan dari anggaran Rp 1,215 triliun terealisasi sebesar Rp 1,211 triliun.

Baca Juga :  Terus Meningkat, Vaksinasi Tahap Kedua Mencapai 46,25 PersenĀ 

Kemudian untuk Belanja dan Transfer dari anggaran Rp 1,27 triliun terealisasi Rp 1,22 triliun, lalu untuk Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) sebanyak Rp 46,05 miliar. “Realisasi untuk pendapatan sebesar 99,72 persen serta realisasi Belanja dan Transfer sebesar 96,35 persen,” sebutnya.

Dengan demikian terjadi penurunan realisasi dibanding tahun anggaran 2019, untuk Pendapatan realisasi Rp 1,23 triliun turun 1,68 persen. Kemudian Belanja dan Tranfer realisasi Rp 1,27 triliun turun 4,02 persen dan SiLPA realisasinya 58,03 miliar turun 20,64 persen.

Baca Juga :  Pemkab Bulungan Usulkan Perda No 7 Tahun 2012 Diubah

“Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses perbaikan tersebut,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *