oleh

Diprediksi 2 Hari Kedepan, Hujan Sedang Hingga Lebat akan Guyur Wilayah Kaltara

TANJUNG SELOR – Tingginya curah hujan di daerah hulu mengakibatkan penambahan debit air di Sungai Kayan. Dalam pantauan Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, di beberapa hari ini hujan dengan intensitas tinggi kerap terjadi.

Dampaknya pun terasa dengan terjadinya banjir di bagian hilir terutama di Kecamatan Tanjung Palas dan Tanjung Selor. “Banjir ini kemungkinan akibat hujan yang turun beberapa hari terakhir di hulu,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan, Muhammad Sulam Khilmi kepada benuanta.co.id, Sabtu 15 Mei 2021.

Dari data yang dirilis, pada tanggal 12 Mei 2021 cuaca di Kaltara telah terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan yang disertai dengan kilat dan petir ini terjadi Lumbis Ogong, Krayan, Krayan Selatan, Mentarang Hulu, Mentarang, Malinau Utara dan Malinau Kota.

Baca Juga :  9 Kecamatan di Bulungan Sudah Lakukan PTM, Kecamatan Tanjung Selor Belum 

Lalu di Malinau Barat, Lumbis Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan dan Malinau Selatan Hulu. “Terpantau terjadi juga di Kecamatan Peso, Pujungan dan Peso Hilir. Lalu wilayah Sembakung Atulai, Sesayap, Muruk Rian, Betayau, Sekatak, Tanjung Palas Tengah, Tanjung Palas Barat, Bahau Hulu, Sungai Tubu, Sesayap Hilir dan Sebuku,” jelasnya.

Kemudian di tanggal 13 Mei terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang sesaat, pada sore dan malam hari di wilayah Malinau Barat, Malinau, Malinau Selatan, Malinau Utara, Mentarang, Pujungan, Sungai Tubu, Tana Tidung, Peso, Peso Hilir, Tanjung Palas Barat dan sekitarnya.

“Pagi harinya secara menyeluruh di Tanjung Selor dan Tanjung Palas bertepatan dengan salat Idulfitri terjadi hujan yang cukup deras,” ucapnya.

Baca Juga :  19 Peserta ASN bagi PPPK Tidak Hadir Seleksi Akibat Reaktif dan Tanpa Pemberitahuan

Sulam mengatakan, di hari Jumat 14 Mei 2021, di beberapa daerah kembali terjadi hujan. Daerah tersebut diantaranya Tarakan, Tana Tidung, Peso,Sekatak, Peso Hilir, Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hulu, Pujungan, Kayan Hilir, Krayan Selatan, Sungai Boh dan Lumbis.

“Dengan potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang, malam, dan dini hari,” ujarnya.

Lalu kondisi cuaca di hari Sabtu, 15 Mei 2021 terjadi hujan sedang hingga lebat di Malinau Selatan, Malinau Selatan Hulu, Peso Hilir, Lumbis, Sesayap, Krayan, Bahau Hulu, Sungai Boh, Tanjung Palas Barat dan sekitarnya.

“Kemudian di hari Minggu 16 Mei sampai Senin 17 Mei 2021 terpantau akan terjadi hujan yang sedang hingga lebat, wilayahnya di Krayan, Kayan Hilir, Krayan Selatan, Bahau Hulu dan Pujungan,” sebutnya.

Baca Juga :  Polda Kaltara Larutkan Sabu 126 Kg, Potensi Kerusakan Generasi Muda 1,2 Juta Orang

Dia menambahkan, pada hari esok itu untuk kondisi gelombang di Perairan Kaltara, dengan arah Angin Barat Laut – Timur Laut sebesar 2 – 8 knots dimana tinggi gelombang mencapai 0.1 sampai 0.5 meter. Lalu di Perairan Sulawesi bagian Barat dengan arah Angin Timur Laut – Tenggara sebesar 4 – 10 knots, tinggi gelombang mencapai 0.5 sampai 1.25 meter.

“Diimbau kepada masyarakat untuk waspada akan adanya potensi cuaca buruk untuk hari ini di wilayah Bulungan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed