oleh

Pembatasan Larangan Mudik Berakhir Senin, Walikota Berharap Arus Balik Lebih Terkontrol

TARAKAN – Instruksi pemerintah pusat tentang pembatasan berpergian sekaligus larangan mudik berlaku selama 12 hari, terhitung sejak tanggal 6 Mei kemarin dan akan berakhir pada Senin 17 Mei mendatang.

Pasca perayaan lebaran, Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes berharap arus balik yang akan terjadi kali ini tak melebihi jumlah normal kedatangan. Hal itu lantaran sudah diredam lebih dulu dengan adanya pembatasan dan pelarangan mudik yang dilakukan pemerintah.

“Iya arus balik kan bakal terjadi sesudah tanggal 17, tapi mudah-mudahan tidak sebanyak yang dulu-dulu. Karena ini kan (sudah dilakukan) pembatasan keluar,” Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes kepada benuanta.co.id, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga :  Sumbangsih PAD Perumda Tarakan Secara Bertahap Ditingkatkan 

Ada baiknya jika arus balik tak membludak, kata Khairul, hal itu tentu akan memudahkan petugas yang menjaga pintu kedatangan atau di Posko Operasi Ketupat Kayan 2021 yang tergabung oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan. Yakni BPBD Kota Tarakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan dan Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara.

Baca Juga :  Wacana PPKM Level 3 Skala Nasional, Walikota: Kita Jalankan, Seminggu Saja

“Jadi relatif sejak tanggal 6 sampai dengan 17 itu tidak ada arus mudik. Harapannya arus balik pun tidak terlalu banyak. Sehingga mudah-mudahan lebih teratur, lebih terkontrol begitu,” imbuhnya.

Tak ada pengecualian, Walikota pun menegaskan adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih dulu melaksanakan cuti jauh sebelum adanya pembatasan tersebut. Juga akan diwajibkan bebas dari paparan virus, yang dibuktikan dengan hasil Swab maupun tes PCR negatif Covid-19.

Baca Juga :  Sumbangsih PAD Perumda Tarakan Secara Bertahap Ditingkatkan 

“Karena sudah ada dulu yang cuti jauh sebelum itu (pembatasan mudik), mereka (ASN) kita wajibkan PCR sebelum mereka masuk (berkerja) kembali ke kantor,” tandasnya.(*)

Reporter: Yogi Wibawa
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *