oleh

Baznas Bulungan Imbau Masyarakat Segera Berzakat 

TANJUNG SELOR – Masuki puasa ke 27, data sementara yang dihimpun oleh Posko Ramadan Penghimpunan dan Pendistribusian Infak, Zakat dan Sedekah Baznas Bulungan, muzakki yang berzakat baru mencapai 1.191 kepala keluarga (KK) dengan 2.583 jiwa.

“Jika dibandingkan dengan mustahik, yang berzakat atau muzakki masih belum maksimal,” Ketua Umum BAZNAS Bulungan H Masdhan Saleh kepada benuanta.co.id, Ahad 9 Mei 2021.

Kata dia muzakki yang berzakat di amil zakat terdata sementara sebanyak 332 KK dengan 853 jiwa. Dimana jumlah zakat beras mencapai 1.175 kilogram dan uangnya Rp 35.113.000.

Baca Juga :  Sambut Hari Jadi Bulungan dan Tanjung Selor, Pemkab Lakukan Pemberian 10 Ribu Vaksin 

“Jadi yang berzakat di amil zakat ini belum semua, yang masuk datanya baru 7 amil dari 20 amil lebih yang kita punya,” bebernya.

Kemudian data sampai hari ini, muzakki yang berzakat di Posko Ramadan ada 859 KK dengan 1.730 jiwa, yang zakat beras sebanyak 1.127,5 kilogram dan uang Rp 112.818.000.

“Sehingga total sementara dari 1.730 jiwa ditambah 853 jiwa sebanyak 2.583 orang dengan jumlah 1.191 KK,” sebutnya.

Baca Juga :  Kantor KUA Tanjung Selor Dibangun Lebih Representatif, Selain Balai Nikah Ini Fungsi Lainnya

Masdhan menuturkan yang dibawahi langsung ada 2 kelurahan yakni Kelurahan Tanjung Selor Hilir dan Tanjung Selor Hulu. Sementara untuk Kelurahan Tanjung Selor Timur, kepengurusannya dikelola oleh para amil dari takmir masjid yang ditunjuk oleh BAZNAS Bulungan.

“Untuk Tanjung Selor Timur belum ada data masuk, mereka layani sendiri dari pengurus takmir masjidnya dengan wilayah cakupan Selimau 1, 2 dan 3. Nanti hasilnya mereka yang distribusikan, kalau kesini hanya laporan jadi bukan kita distribusikan,” jelasnya.

Baca Juga :  Ngebet Punya Kendaraan, Darwis Nekat Curi Motor Orang di Sekatak

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat agar segera membayarkan zakat, agar pendistribusian segera dilakukan. Pasalnya jika mendekati hari lebaran, petugas akan kesulitan.

“Jadi kita imbau supaya segera berzakat di Posko Ramadan yang beralamat di belakang masjid Agung Istiqomah,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *