oleh

Memudahkan Peningkatan Mutu dan Kualitas Pendidikan, Dewan Pendidikan KTT Segera Dibentuk

TANA TIDUNG – Wacana pembentukan Dewan Pendidikan Kabupaten Tana Tidung (KTT) akan segera terealisasi berdasarkan amanat dari Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali yang mengacu pada aturan pemerintah pusat.

Pembentukan Dewan Pendidikan bertujuan agar dapat memudahkan dan meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan yang ada di KTT, saat ini prosesnya dalam tahap seleksi.

“Sekarang pembentukan Dewan Pendidik di KTT sudah masuk dalam tahapan seleksi, dan hari ini (jumat) terakhir kita melakukan tes wawancara,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan KTT Jafar Sidik.

Selain itu, ia menuturkan sesuai petunjuk teknis (Juknis) minimal untuk pembentukan dewan pendidik hanya 5 orang, jadi semua calon yang mendaftar dilakukan seleksi dan hanya menetapkan 5 orang dewan pendidik.

Baca Juga :  Atasi Blank Spot di Daerah, Bupati Ibrahim Ali Temui Deputi VII Kemenko Polhukam

“Jadi batas umur yang bisa mendaftar untuk jadi Dewan pendidikan paling tinggi 65 tahun dan minimal dia tokoh pendidikan, punya pengalaman bidang pendidikan dan untuk pendidikannya minimal S1,” kata dia.

Dia meyakini dengan terbentuknya dewan pendidikan mutu dan kualitas pendidikan di KTT dapat lebih maksimal, karena melihat fungsi dari Dewan pendidikan, yang sebagai mitra Pemerintah untuk memajukan pendidikan di daerah.

Untuk diketahui, dewan pendidikan memiliki fungsi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana, serta pengawasan pendidikan secara mandiri dan profesional termasuk pada level pemerintah kabupaten/kota.

Baca Juga :  Buka CASN 2021, Ibrahim Ali : Jangan Sia-siakan Kesempatan Ini

Berkenaan dengan hal tersebut, dewan pendidikan bertugas menghimpun, menganalisis, dan memberikan rekomendasi kepada kepala daerah terhadap keluhan, saran, kritis, dan aspirasi masyarakat terhadap pendidikan.

Pembentukan Dewan Pendidik disampaikannya merupakan wacana dari Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali, dalam rangka memajukan pendidikan di KTT, apalagi saat ini di KTT kata dia belum ada dewan pendidik, untuk itu Bupati minta agar segera dibentuk dewan pendidik di KTT.

“Jadi nanti semua bantuan beasiswa tidak lagi dikelola Dinas Pendidikan atau pun Kesra, tetapi dari Dewan pendidikan yang akan kelola bantuan pendidikan atau beasiswa,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab KTT dan UT Sepakat Jalin Kerjasama Pemberdayaan SDM

Apalagi saat ini kata dia bantuan beasiswa untuk tahun ini ditambah Bupati anggarannya yang tahun lalu Rp 500 juta dinaikkan tahun ini menjadi Rp 1 milyar, dan untuk tahun berikutnya akan ditambah lagi oleh Bupati menjadi Rp 1,5 milyar.

Hal itu menurutnya wujud keseriusan Bupati dalam memajukan pendidikan di KTT, mengingat dengan pendidikan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.(*)

Reporter : Dwi
Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed