Selama Pelarangan Mudik, Ditpolairud Polda Kaltara Akan Tindak Armada dari Luar Kaltara

TARAKAN – Terselenggaranya Pos Pelayanan Terpadu pada tanggal 6 – 17 Mei 2021 bertujuan untuk melayani masyarakat jelang hari raya Idul Fitri sesuai Permenhub No.13 Tahun 2021.

Pos Pelayanan Terpadu yang bertempat di Pelabuhan Tengkayu I ditangani langsung Pemerintah Kota Tarakan, Ditpolairud Polda Kaltara, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan untuk memastikan berjalannya arus mudik sesuai Permenhub No. 13 Tahun 2021 yang patuh terhadap Protokol kesehatan.

Direktur Dit Polairud Polda Kaltara, Kombes Bambang Wiriawan melalui Kanit Sipatwal Air Dit, AKP Joko Pitono mengatakan pihaknya akan fokus kepada pengawasan keselamatan berlayar dan kepatuhan protokol kesehatan.

“Kami akan mengawasi dan mengedukasi kedisiplinan protokol kesehatan bagi pengelola armada dan penumpang yang akan berangkat. Selain itu, keselamatan berlayar juga menjadi fokusnya. Diantaranya seperti tersedianya Life Jacket, menghimbau penundaan keberangkatan apabila cuaca kurang bersahabat dan kesiapan petugas armada,”ungkap AKP Joko Pitono kepada benuanta.co.id pada Kamis, 6 Mei 2021.

Baca Juga :  Peningkatan SDM Pengajar, 800 Guru di Tarakan Lolos P3K Sejak 2022

Ditpolairud Polda Kaltara menerjunkan 20 personilnya yang dibantu dengan jajaran Polres yang wilayah pengawasannya tersebar di Kaltara.

Kanit Sipatwal Air Dit, AKP Joko Pitono memastikan tidak ada armada laut dari luar Kaltara yang masuk.

“Apabila terbukti masuk, maka pihaknya akan tindak bersama stakeholder terkait dengan tegas sesuai aturan yang berlaku,” tegas dia.

Baca Juga :  Nekat! Pria Ini Rampok Hp di Indekos Putri, Berakhir Diciduk Polisi

Jelas dia, patroli juga dilakukan se wilayah perairan Kaltara. Termasuk juga pelabuhan rakyat yang ada di wilayah Tarakan.

“Pelabuhan rakyat di belakang Hotel Ramayana dan Beringin intens dalam pengawasan dan telah kami sampaikan untuk melengkapi Safety First serta prokes,” tutupnya.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *