oleh

Sasar ASN Pemprov, Gubernur Dukung Kerja Sama Tabungan Emas Pegadaian

TANJUNG SELOR – PT Pegadaian (Persero) sedang menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Kerja sama ini dalam bentuk tabungan emas yang diperuntukan bagi Apatatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltara.

Demikian disampaikan Deputi Bisnis PT Pegadaian (Persero) Kantor Area Kaltara, Bontang, Sangatta dan Berau, Agus Riyadi, usai bertemu Gubernur Zainal A.Paliwang di Kantor Gubernur Kaltara, Kamis (6/6/2021).

Tujuan lain dari kerja sama tersebut, tutur Agus, agar para ASN di lingkungan Pemprov Kaltara lebih giat lagi untuk menabung. “Tabungan emas ini bukan dalam bentuk uang tapi saldo emas. Untuk menabung pun bisa dengan saldo minimal Rp50 ribu,” terang Agus.

Baca Juga :  Sejarah Terbentuknya Kaltara Akan Diabadikan dalam Buku

Dia juga memastikan tabungan emas milik ASN dijamin mendapat perlingungan dari pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini dikarenakan tabungan emas milik Pegadaian resmi dan bukan investasi bodong. “Sekarang ini sudah banyak platfrom tabungan emas. Tapi milik Pegadaian secara resmi dilindungi pemerintah dan OJK,” tegasnya.

“Jika rencana kerja sama tersebut terwujud, maka menjadi yang pertama kali dilakukan bersama Pemprov Kaltara. Sebelumnya kita juga sudah menjajaki kerja sama dengan Pemkot Tarakan,” tambah Agus. Program tersebut juga sudah diperuntukan kepada masyarakat umum.

Mengenai pertumbuhan nasabah Pegadaian di seluruh wilayah di Kaltara, Agus menuturkan sudah cukup baik secara Outstanding Loan (OSL). Adapun nilai pinjaman yang sudah dikucurkan Pegadaian ke masyarakat hingga Kaltara kini mencapai Rp 752 miliar.

Baca Juga :  Dinas KISP Didaulat Sebagai Wali Data Pemerintah

“Terhitung dari akhir Desember 2020 hingga April 2021, pertumbuhan nasabah di Pegadaian mengalami peningkatan, artinya dari pinjaman yang disalurkan mengalami kenaikan hingga 2 persen,” jelas Agus.

Hal tersebut juga disampaikannya kepada Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum, termasuk pencapaian yang telah diraih Pegadaian sejauh ini. Serta peran Pegadaian dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Sumbangsih yang dilakukan Pegadaian mulai dari CSR dan program yang meringankan beban nasabah Pegadaian seperti gadai tanpa bunga, restrukturisasi pembayaran angsuran hingga program gadai harian, di mana nasabah bisa membayar sewa modal secara harian,” beber Agus.

Wacana Pegadaian tersebut disambut baik oleh Gubernur Zainal. Termasuk sumbangsih Pegadaian yang turut membantu perekonomian masyarakat.

Baca Juga :  Penuhi Ketersediaan Pangan, Gubernur Ingin Kaltara Punya Penggilingan Padi Sendiri

“Program yang ditawarkan ini sangat bagus. Jika biasanya kita menabung uang saja, tapi melalui program ini uang yang kita tabung dapat dikonversikan menjadi tabungan emas. Saya sangat mendukung rencana kerja sama ini,” ujar Gubernur Zainal. (mil)

 

Sumber: DKISP Kaltara

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed