Hadiri Syukuran Panen Desa Long Sam, Gubernur Berharap Produksi Meningkat

TANJUNG PALAS – Masyarakat Desa Long Sam merayakan dengan meriah Acara Selesai Panen masyarakat bersama dengan Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum, Sabtu 1 Mei 2021.

Suka cita hadir di tengah masyarakat sembari menyambut kedatangan orang nomor satu di Kalimantan Utara (Kaltara) ini, dengan penyematan Sa’ung serta arak-arakan membawa pria kelahiran Makassar tersebut di atas sebuah perahu kayu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1259 votes

“Saya ucapkan selamat kepada semua warga Desa Long Sam atas keberhasilan panen pada tahun ini. Saya menyambut baik dan turut bergembira serta bersyukur kepada Allah,” ujar Gubernur dalam sambutannya.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

Melihat keberhasilan tersebut, Gubernur Zainal berharap agar para petani dan peladang dapat terus meningkatkan kemampuan. Serta diharapkan pula peranan pemerintah dalam membagikan bibit dapat menjadi pendorong semangat untuk memajukan pertanian desa.

Di sisi lain, dengan potensi lahan yang luas untuk dijadikan persawahan, serta antusias masyarakat dalam melakukan cocok tanam, sangat memungkinkan untuk mendapatkan produksi yang lebih banyak.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

“Jika dilihat dari lahan, serta semangat warga desa dalam membentuk kelompok-kelompok persawahan, sangat berpotensi untuk mengejar dua bahkan tiga kali produksi dalam setahun,” ujarnya.

Selain itu, adanya program dalam melakukan budidaya lebah madu belulut, merupakan salah satu hal yang sangat baik untuk dikembangkan.

“Program inovasi desa berupa budidaya trigona itama atau lebah madu belulut yang memiliki khasiat lebih dibandingkan madu biasa, sangat bagus untuk obat tradisional, dan secara ekonomi memiliki harga yang tinggi,” bebernya.

Baca Juga :  Atensi Gubernur Zainal, Usulan 1.403 Formasi P3K dan 65 CPNS Disetujui KemenPAN-RB 

Khaeron Habibie selaku Kepala Desa Long Sam mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan pemerintah dalam ikut serta meningkatkan jumlah produksi di Desa Long Sam.

“Hari ini kami merasa bersyukur, bangga, dan seakan bermimpi karena Bapak bersedia datang di acara yang sederhana ini, dalam keadaan puasa, di tengah kesibukan dan padatnya jadwal,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, dan Camat Tanjung Palas Barat. (saq)

Sumber: DKISP Kaltara
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *