Unhas Makassar Jajaki Kerja Sama Bidang Pengembangan Tata Ruang Kaltara

TARAKAN – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melaui Fakultas Teknik kini tengah menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Universitas ternama asal Sulawesi Selatan (Sulsel) itu tertarik menjalin kerja sama bidang pengembangan tata ruang untuk pembangunan Provinsi Kaltara secara komprehensif.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2001 votes

Rencana tersebut disampaikan oleh salah satu dosen teknik arsitektur Fakultas Teknik Unhas Makassar Yahya Sirajudin kepada Gubernur Kaltara Zainal A.Paliwang dalam agenda silahturahminya di Bumi Benuanta, awal pekan tadi.

“Kita tahu Kaltara ini provinsi termuda. Usianya baru sekitar 8-9 tahun. Sehingga masih mudah untuk dilakukan pengembangan tata ruang pembangunannya seperti apa ke depan,” ujarnya.

“Sehingga kita (Fakultas Teknik Unhas) perlu membuat suatu penelitian, riset atau perencanaan tentang pengembangan tata ruang Provinsi Kaltara ini, agar punya master plan dalam pembangunan ke depannya lebih baik lagi,” tambah Yahya.

Melalui perencanaan pengembangan tata ruang berdasarkan hasil riset tersebut, pihaknya mengharapkan provinsi Kaltara menjadi sebuah daerah yang maju seperti daerah lainnya.

“Gambaran tata ruang Kaltara ke depan seperti apa harus kita kaji dulu secara spesifik. Karena setiap provinsi punya potensi dan perbedaan tersendiri, tidak bisa disamakan,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Yahya, pihaknya juga mengharapkan dapat melakukan penelitian terkait lingkungan atau analisis dampak lingkungan (amdal) di Kaltara.

Apabila rencana kerja sama ini direalisasikan oleh Gubernur Kaltara, nantinya Unhas Makassar akan melibatkan instutisi terkait yang berkompeten dan punya keahliannya dibidangnya.

“Jika kerja sama ini diwujudkan dalam nota kesepahaman, nantinya akan ditindaklanjuti dan dijabarkan oleh dinas teknis,” urainya. (sur)

 

Sumber : DKISP Kaltara

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *