oleh

Sidak ke Minimarket, Petugas Temukan Puluhan Makanan dan Minuman Bermasalah

TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Bulungan bersama Loka POM Di Kota Tarakan melaksanakan inpeksi dadakan terhadap minimarket di Tanjung Selor. Sasarannya terhadap makanan dan minuman instan yang sudah kedaluwarsa.

“Hari ini kita mengadakan intensifikasi pengawasan pangan dalam rangka Ramadan dan Idulfitri. Lokus kita di Bulungan dengan pengawasan distribusi pangan olahan,” ungkap Kepala Loka POM Di Kota Tarakan Musthofa Anwari kepada benuanta.co.id pada Selasa, 27 April 2021.

Dia mengatakan, adapun aspek yang dilihat dalam pengawasan pada hari ini terkait pangan yang kedaluwarsa, tanpa izin edar dan kemasan yang rusak. Produk yang ditemukan di salah satu minimarket ini sekitar 20 hingga 25 jenis merk makanan dan minuman.

Baca Juga :  Besok Bupati dan Wakil Bupati Bulungan Dilantik, Tak Ada Persiapan Khusus dari Syarwani-Ingkong Ala

“Yang kita temukan banyak produk yang kemasannya penyok dan rusak terutama makanan dalam kaleng. Kemudian yang kedaluwarsa jenis minuman kita musnahkan dan sisanya direturn,” ucapnya.

Adapun penindakan yang diberikan kepada pemilik barang diantaranya supaya diganti dengan yang baru atau return. Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan peringatan dan pembinaan.

“Setelah peringatan ini akan ada sanksi, sebelumnya pemilik diminta membuat surat pernyataan. Kalau ada temuan yang lebih banyak berarti melawan petugas sehingga bisa dikenai pidana,” jelasnya.

Baca Juga :  DPRD Bulungan Minta Pemerintah Pikirkan Secara Matang Penerapan PPKM

Sementara itu Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UMKM Bulungan Murtina menuturkan tujuan sidak ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada konsumen.

“Terlebih pada perayaan keagamaan supaya produk bahan pangan itu aman,” tutupnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed