oleh

Armada Damri Dinyatakan Laik Jalan, Hanya Bermasalah pada Kartu Pengawasan

TANJUNG SELOR – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim Kaltara melaksanaka ramp check (Inspeksi Keselamatan) terhadap armada Damri di Tanjung Selor. Pengecekan ini bertujuan untuk melihat kelaikan armada dalam melayani masyarakat Bulungan.

“Untuk hari ini baru 3 unit kendaraan yang sudah kita periksa. Hasil pengecekan kita sementara ini aman,” ungkap Irda Hariyono S sebagai PPNS Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVII Kaltim Kaltara kepada benuanta.co.id, Selasa 27 April 2021.

Dalam pengecekannya, ada beberapa temuan yang harus terpenuhi oleh setiap mobil Damri diantaranya kartu pengawasan. Pihaknya melihat ada armada yang memiliki kartu pengawasan yang sudah tidak berlaku.

Baca Juga :  Habib Zaky Bin Mchosin Al Jufri Doakan Kaltara Punya Pemimpin Amanah & Merakyat Seperti Zainal-Yansen

“Memang kartu pengawasan ini informasinya sudah tidak berlaku di bulan Februari 2021 dan ini dalam pengurusan sedang berproses. Prosesnya itu dari Dinas Perhubungan Provinsi Kaltara,” ucapnya.

Kemudian temuan lainnya ada satu armada lagi, jenisnya kendaraan perintis tapi juga statusnya sebagai bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Setelah dicek juga tidak memiliki kartu pengawasan.

“Setelah kita temui itu tidak ada kartu pengawasan dan ini sedang kita koordinasikan ke Kementerian Perhubungan terkait keabsahan untuk kartu pengawasannya,” paparnya.

Baca Juga :  Ditunda, Paripurna Pengesahan Perda Hari Jadi dan Lambang Daerah Digelar Besok

Irda Hariyono menuturkan untuk kondisi bis yang telah dicek semuanya laik jalan. Kata dia, pengecekan ini sudah dilakukan di beberapa kabupaten kota, diantaranya Kota Balikpapan dan Kota Samarinda, Kaltim.

“Salah satunya Bulungan ini karena ada angkutan perintis yang didanai lewat subsidi APBN. Makanya wajib kita periksa,” jelasnya.

Dia menambahkan dalam pengecekan kelaikan kendaraan ada di dua sisi, yakni kelaikan teknis diantaranya seperti lampu, ban, Apar, pemukul kaca jendela dan obat K3.

Baca Juga :  Lulus Seleksi, 408 Casis Bintara Polri Dikirim Pendidikan Selama 7 Bulan

“Sedangkan untuk kelaikan dalam sisi administrasi itu berupa uji kiur, STNK, kartu pengawasan dan SIM,” sebutnya.

Sementara itu General Manager (GM) Perum Damri Cabang Tanjung Selor, Tri Wijono Djati mengatakan ramp check ini untuk melihat kelaikan armada. Hal itu telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 154 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengelola Transportasi Darat.

“Adapun hasil pengecekan BPTD hari ini akan kita perbaiki salah satunya kartu pengawasan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed