oleh

Pamkab Nunukan Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-25 Bersama Wapres dan Kemendagri Secara Virtual

NUNUKAN – Memperingati hari otonomi daerah yang ke-25 tahun 2021, dilaksanakan secara virtual yang dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pada Senin 26 April 2021. Kegiatan ini mengusung tema “Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi Covid-19 untuk masyarakat sehat ekonomi daerah bangkit dan Indonesia maju.”

Peringatan hari otonomi itu juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, anggota DPRD Nunukan Lewi,l S.Sos dan Hendrawan, Danramil 0911-08/Nunukan Selatan Kapten Inf Eko Dariyanto, Dankal Ambalat Kapten Laut (P) Darwan, Pwk, Pengadilan Negeri Nunukan Nardon Sianturi, SH, Plt. Kepala PTSP Kabupaten Nunukan Abdi Jauhari, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setkab Nunukan, H. Sura’i.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, pelaksanaan otonomi daerah ini adalah momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah di masa yang akan datang.

Baca Juga :  Bupati Laura : DWP Mitra Strategis Pemerintah

Secara filosofis kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan memindahkan lokus pemerintah dari pusat ke daerah, disertai pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan tertentu secara mandiri.

“Itu dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah, melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan kesejahteraan masyarakat,” kata Ma’ruf Amin.

Baca Juga :  Sekda Nunukan Buka Musda ke-5 KKSS Periode 2021-2026

Selain itu, pentingnya sinergi dan koordinasi  pemerintah secara kolaboratif baik antar daerah, pusat dan daerah, pemerintah dengan swasta, dan kapitalisasi modal sosial, secara gotong royong yang akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dan sosial masyarakat.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan,  hari otonomi daerah seharusnya dilaksanakan pada tanggal 25 April, namun karena kemarin hari Ahad, maka acara dilaksanakan hari ini, Senin 26 April 2021.

Baca Juga :  12 Sekolah Diperbolehkan Belajar Mengajar Tatap Muka di Kabupaten Nunukan

“Pentingnya otonomi daerah, keberagaman yang dibalut dalam bingkai otonomi daerah tentu akan menjadi modal besar menciptakan Indonesia yang lebih maju, dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus mengucapkan selamat hari ulang tahun otonomi daerah yang ke-25 tahun 2021.

“Dengan perayaan otonomi daerah ini kita akan melihat perkembangan jalannya pemerintah daerah, yang sebelumnya sentralisasi menjadi otonomi, maka daerah bisa menjalankan kewenangan yang diserahkan pemerintah pusat, memberikan keleluasan kepada daerah untuk berinovasi, sehingga pemerintah bisa berjalan dengan baik,” ucapnya. (*)

Reporter:  Darmawan
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed