Meresahkan, Kapolres Akan Tindak Tegas Penjual Maupun Pengguna Petasan

TARAKAN – Penggunaan kembang api, petasan, serta mercon masih melekat menjadi hiburan bagi sebagian masyarakat Kota Tarakan, terutama di momen bulan suci Ramadan hingga menjelang hari raya Lebaran.

Petasan, mercon, serta kembang api disinyalir dapat sangat berbahaya jika boleh untuk digunakan, pasalnya bahan peledak yang mudah tersulut api tersebut dapat meningkatkan potensi kebakaran hingga yang lebih buruk lagi jika secara bebas digunakan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tarakan, AKBP Fillol Praja Arthadira mengatakan, akan melarang tegas serta menghimbau masyarakat Kota Tarakan untuk tidak menggunakan apalagi menjual bahan peledak seperti petasan, kembang api, dan mercon.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Ras Mulai Tembus Rp 72 Ribu

“Kita imbau untuk tidak melakukan kegiatan menyalakan petasan, untuk mengantisipasinya sudah kita arahkan personel untuk patroli ke lokasi yang dilaporkan ataupun diduga sebagai tempat jual beli serta penggunaan petasan,” ujarnya, Senin (26/4/2021)

Pantauan benuanta.co.id, penggunaan petasan di Tarakan telah meningkat, bahkan sudah menjalar kearah penyalahgunaan dan kesengajaan.

Para pengguna petasan kerap ditemui melakukan hal iseng di Jalan Mulawarman dengan mengarahkan dan melempar petasan ke arah pengendara yang lewat, hal tersebut pun mendapat perhatian dari kepolisian.

Baca Juga :  Lima Angkutan Laut di Pelabuhan Malundung Sudah Uji Kelaikan  

“Tentu kita akan melakukan tindakan jika didapati ada yang melakukan hal tersebut, karena sangat mengganggu kamtibmas, unsur kesengajaan dan lainnya akan kita dalami,” tutur Fillol.

Jika ditemukan masyarakat sedang melakukan penjualan akan kita kenakan pasal-pasal yang berlaku, semua aktifitas baik penggunaan dan penjualan semuanya tidak diperbolehkan.

“Kami imbau sekali lagi kepada masyarakat, dibulan Ramadan hingga menyambut hari raya lebaran tidak diperbolehkan untuk menggunakan dan menjual petasan,” tutupnya.(*)

Baca Juga :  Buka Bersama, Pj. Wali Kota dan Gubernur Bagikan Bantuan Beras ke Petugas Kebersihan

Reporter: Matthew Gregori Nusa
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *