Atasi Kriminalitas, Polres Nunukan Luncurkan Unit Patroli Patra Batas

NUNUKAN – Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar, SIK meluncurkan Patroli Daerah Rawan Brantas Kriminalitas (Patra Batas) setelah satu peken menyelesaikan pelatihan pada Senin, 26 April 2021.

Dalam peluncuran itu juga dilakukan upacara  penutupan latihan Patra Batas, yang diawali dengan pelepasan tanda peserta pelatihan di wakil dua personel yakni IPDA Andre Azmi dan Brika Fitri dari Polwan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

Dikatakan Syaiful Anwar, bahwa pembentukan Patroli Patra Batas ini merupakan penjabaran pasal (13) UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia bahwa peran Polri ada tiga Unsur pokok. Patroli Patra Batas ini merupakan bentuk pemeliharaan Kamtibmas dengan mengedepankan pemberantasan daerah kriminalitas yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Baca Juga :  Bupati Nunukan Ajak Segera Bayar Zakat, Bisa Cepat Disalurkan

“Pelatihan yang kami lakukan itu adalah Entri  Poin (titik masuk) kesiapan dalam menangani segala bentuk kejahatan kriminalitas,” kata Syaiful.

Dia juga menekankan, Unit Patra Batas bukan hanya sebagai simbol sebuah kebanggaan satuan, namun harus eksis dan bertindak nyata di lapangan yang dapat menjawab tantangan di masyarakat.

Unit Patra Batas akan siaga dalam 24 jam yang akan bersinergi dengan operator respon layanan tunggal 110. Apabila ada laporan pengaduan dari 110 maka operator akan segera mengirimkan info kepada Unit Patra Batas.

Baca Juga :  Usulan Musrenbang se-Kecamatan Nunukan Telah Terinput di SIPD

“Tim patroli ini akan kami bagi beberapa unit baik pagi hari, siang-sore dan malam hari. Intinya Unit Patra Batas ini siaga penuh,” jelasnya. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *