oleh

Setelah Polda, Tim dari Mabes Polri Akan Lakukan Studi Kelayakan Kenaikan Tipologi Polres Bulungan

TANJUNG SELOR – Polres Bulungan terus berbenah dalam rangka peningkatan tipologinya menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta). Upayanya dengan melakukan pengajuan ke Staf Perencanaan Umum dan Anggaran (Srena) Mabes Polri.

“Kita juga mengajukan, sudah dikirim dari Polda Kaltara tim studi kenaikan tipologi yang mempelajari apa saja bobotnya, dimensinya, faktor demografi dan Ipoleksosbudhankam yang ada di Polres Bulungan,” ungkap Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro kepada benuanta.co.id, kemarin.

Lanjut Kapolres, dalam peraturan kepolisian tipe polres itu ada 4, jadi saat ini Polres yang masih bertipe D terdapat di kabupaten yang dijabat oleh pangkat AKBP. “Karena di sini ada ibukota Provinsi dan juga dari TNI yakni Kodim, Dandimnya sudah berpangkat Kolonel maka salah satu alasan tipologi Polres Bulungan jadi Polresta,” jelasnya.

Baca Juga :  Sejumlah Perempuan Bentang Poster, Suarakan Harapan di IWD Kaltara Hari Ini dan Nanti

Kata dia, tak hanya dari internal kepolisian, penilaian juga melibatkan pihak eksternal dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bulungan. Semua memberikan nilai supaya Polres Bulungan ditingkatkan tipenya menjadi Polresta Bulungan.

“Dari eksternal yakni Bupati Bulungan, DPRD Bulungan dan tokoh masyarakat memberikan masukan. Forkopimda ini mendukung untuk Polres Bulungan ini untuk naik tipe,” bebernya.

Baca Juga :  Keluhan Direspons Cepat, Dt. Iman Berterimakasih pada Ombudsman dan Walikota

Teguh menuturkan, dari penilaian ini diajukan ke Srena Mabes Polri, kemudian nanti dari sana akan ditelaah kembali. Kapolres berharap dapat terealisasi. “Catatan dari Polda, di Kaltara Polres Bulungan nanti akan diajukan Polresta lalu di KTT itu Polres,” ucapnya.

Akpol 1999 ini menambahkan, studi kelayakan akan dilakukan lagi, tim dari Mabes Polri pada bulan Juni 2021 akan mengunjungi Polres Bulungan.

Baca Juga :  56 Desa Gelar Pilkades di Bulungan

“Setelah itu diajukan ke Kemenpan RB apakah di-ACC atau tidak, jadi tinggal 2 lagi dari Mabes Polri dan Menpan RB mudah-mudahan terealisasi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed