oleh

Bulan Suci Ramadan Menjadi Bulan Inflasi Pertama di Tahun 2021

TARAKAN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tarakan memprediksi ramadan merupakan bulan inflasi pertama di tahun 2021. Hal itu dijelaskan langsung oleh Kepala BPS Tarakan, Imam Subarmaji.

“Bulan April 2021 sepertinya akan inflasi, tandanya harga daging ayam mengalami kenaikan dan harga tiket pesawat rata-rata tidak berubah bahkan hanya sedikit ada kenaikan,” ujarnya kepada benuanta.co.id.

Meskipun masa pandemi Covid-19 sudah berlangsung sejak tahun 2020 silam, bulan ramadan tetap menyumbangkan dampak yang cukup signifikan tiap tahunnya.

Baca Juga :  Umroh 2021, Kemenag Tarakan Masih Menungggu Teknis Prokes

Tahun 2020 di bulan April, Kota Tarakan mengalami inflasi sebesar 0,20 dengan situasi yang sama di mana 3 bulan pertama terjadi deflasi secara terus menerus.

“Dari bulan Januari, Februari, dan Maret mengalami deflasi, tahun 2020 juga demikian,” tuntasnya

Perhitungan tahun ke tahun tersebut, peran bulan ramadan dianggap cukup baik dalam meningkatkan laju inflasi, oleh karena itu, bulan April kali ini juga diprediksi akan jadi inflasi pertama di tahun 2021.

Baca Juga :  Sidak RSUD, Gubernur Minta Fasilitas Digunakan Sesuai Peruntukan

“Harga tiket sudah dalam posisi paling rendah jadi tinggal ke arah kenaikan, tanda peningkatan sudah terlihat. Daging ayam dan tiket pesawat merupakan dua komoditas yang aktif mempengaruhi inflasi Kota Tarakan,” tutupnya. (*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *