oleh

Tingkatkan Pelayanan, Bappeda dan Litbang KTT Luncurkan Inovasi Terbaru

TANA TIDUNG – Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pembangunan (Bappeda dan Litbang) Kabupaten Tana Tidung (KTT) terus melakukan terobosan baru. Hal itu sesuai dengan program Bappeda dan Litbang KTT dalam Rencana Strategi (Renstra) pada tahun 2021-2026.

Dijelaskan Kepala Bappeda dan Litbang KTT, Drs H M Yusuf Badrun, M.Ap 3 Mustter merupakan ringkasan dari Tujuan dan Sasaran Bappeda dan Litbang, yang isinya merupakan program super prioritas dengan menunjang pencapaian tujuan Bappeda dan Litbang yaitu menjadi terbaik dalam penyusunan dokumen perencanaan, tercepat dalam penyusunan dokumen perencanaan dan terunggul dalam menciptakan inovasi.

“Jadi untuk mendukung tujuan terunggul tersebut kami dari Bappeda dan Litbang akan melaksanakan 2 langkah dalam melahirkan inovasi yaitu langkah internal dan langkah eksternal,” terangnya kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Pemkab Tana Tidung Gelar Pembinaan Imtak Bagi ASN

Mengenai langkah eksternal, yaitu dengan membuat regulasi tentang gerakan satu OPD satu inovasi  yang merupakan langkah untuk ‘memaksa’ OPD berkreatifitas untuk melahirkan inovasi, dan untuk langkah internal, Bappeda dan Litbang akan membuat E-Sekret (Elektronik Sekretariatan) dan Si Bang Taka (Sistem Informasi Pembanguan Data dan Angka).

Inovasi E-Sekret dan Si Bang Taka, merupakan inovasi baru dari Bappeda dan Litbang KTT yang di mana Aplikasi E-Sekret ini merupkan aplikasi yang menawarkan efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan di bidang kesekretariatan terutama di bagian umum dan kepegawaian serta bagian penyusunan program dan keuangan.

“Kebaharuan inovasi ini rencananya antara lain tata naskah dinas secara elektronik, atau surat masuk dan keluar, disposisi, pengarsipan sampai dengan pembuatan SPPDsecara online,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Tana Tidung Kejar Akreditasi RS Ahmad Berahim dan Tingkatkan Beasiswa

Lebih lanjut ia menyampaikan, penjagaan kenaikan pangkat melalui notifikasi online dan berkas-berkas yang harus dilengkapi kepada bagian umum dan kepegawaian serta orang yang bersangkutan. Penginputan secara online usulan dan laporan perencanaan, pengendalian dan evaluasi Bappeda dan Litbang. Melakukan upload dan download data terkait dengan data perencanaan, pengendalian dan evaluasi Bappeda dan Litbang.

“Kemudian ada menu chating antara bidang dalam aplikasi sehingga memudahkan konsultasi serta penagihan dokumen perencanaan, pengendalian dan evaluasi. Aplikasi ini akan diuji coba mulai tahun ini di Bappeda dan Litbang jika sukses maka akan kami tularkan ke seluruh OPD untuk menggunakan aplikasi ini,” pungkasnya.

Sedangkan aplikasi Si Bang Taka diungkapkannya, merupakan aplikasi yang menawarkan efektifitas dan efisensi dalam membuat bank atau basis data tentang capaian pembangunan, progres pembangunan, dan rencana pembangunan. Aplikasi ini nantinya akan dilengkapi dengan peta, gambar, dan data dengan melibatkan OPD sebagai penginputan juga sumber datanya.

Baca Juga :  Pemkab Tana Tidung Akan Bagikan Sembako untuk 5.547 KK pada 18 April

“Bappeda dan Litbang akan memverifikasi hasil inputan OPD selanjutnya jika sudah disetujui maka outputnya nanti akan menampilkan peta, gambar dan data perencanaan, progres dan realisasinya. Rencananya aplikasi ini akan dibuat dan kita launching di tahun 2022,” imbuhnya.

“Jika semua yang direncanakan di atas dapat berjalan dengan baik dan lancar bukan tidak mungkin gelar terunggul dapat diraih Kabupaten Tana Tidung dan gelar-gelar terkait dengan inovasi dapat di raih dalam periode ini,” tuturnya. (*)

Reporter : Dwi

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed