Bertemu Menteri KKP, Gubernur Bahas Potensi Perikanan dan Pertambakan di Kaltara

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Jakarta pada Senin, 19 April 2021.

Pertemuan Gubernur Kaltara itu membahas soal perikanan, sekaligus potensi pertambakan Kaltara di hadapan Menteri KKP yang didampingi Plt Dirjen Perikanan Tangkap, Muhammad Zaini, Dirjen Perikanan Budidata Slamet Soebjakto, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Artati Widiarti dan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut TB Haeru.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1975 votes

Gubernur Kaltara memaparkan potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kaltara. Salah-satunya komoditas udang windu yang sudah terbukti menjadi primadona di pasar Jepang.

Baca Juga :  Tim Energi Tarakan Ikuti Lomba TTG dan Posyantek Tingkat Provinsi Kaltara

Namun pengelolaan tambak-tambak budidaya belum maksimal lantaran masih berjalan konvensial tanpa adanya sentuhan teknologi.

“Saya berharap ada dukungan dan bantuan program penguatan dari Kementerian KKP di sektor perikanan, budidaya udang windu serta pengembangan rumput laut di Kaltara. Apalagi, Kaltara adalah penghasil rumput laut terbesar di tanah air,” ujar Gubernur Zainal.

Baca Juga :  Berkat Gubernur Kaltara, Bandara Juwata Tarakan Dapat Extra Flight Arus Balik dari 2 Maskapai

Menanggapi itu, Menteri Trenggono meminta pihak Kaltara juga jeli membaca potensi kelautan dan perikanan yang ada di Kalimantan Utara. Di antaranya, harus memiliki data yang jelas mengenai potensi yang ada, baik di sektor perikanan budidaya maupun perikanan tangkap.

“Data sangat penting dalam mendukung pengambilan keputusan sehingga program-program yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya,” ungkap Trenggono.

Secara prinsip, Menteri Trenggono mendukung pemerintah Kaltara yang sedang berupaya mengelola sektor kelautan dan perikanannya agar lebih produktif. Menteri Trenggono pun meminta jajarannya turun tangan membantu pemerintah daerah. Dalam waktu dekat, beberapa dirjen di lingkungan KKP melakukan kunjungan kerja ke Kaltara guna menajamkan program-program kelautan dan perikanan unggulan di Kaltara.

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Meningkat Peminat Turun Drastis

“Saya ingin Kaltara bisa mewujudkan keinginan Presiden Jokowi dalam memaksimalkan produk kelautan kita yang bersaing di pasar internasional. Saya yakin, Kaltara bisa mewujudkannya,” tandas Menteri KKP Trenggono.

Dalam kunjungan ke Menteri KKP, Gubernur Kaltara didampingi Asisten Pemerintahan Umum Datuk Iqro Ramadhan, Kadis Perikanan Syarullah Mursalim dan Ketua Tim Sinkronisasi Percepatan Program Gubernur – Wakil Gubernur Kaltara Ari Junaedi. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *