oleh

Bekali Ilmu Bermanfaat, TPA Al-Akbar Adakan Pesantren Ramadan

TANJUNG SELOR – Mengisi waktu luang dalam momentum bulan puasa, Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al-Akbar Sabanar Lama mengadakan Pesantren Ramadan. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan semenjak 2 tahun berdirinya TPA ini. Antusias peserta untuk ikut pun besar.

Hanya saja ada imbauan untuk tidak berkumpul dalam jumlah besar, maka setiap TPA hanya mengirimkan beberapa orang perwakilan saja. Pesantren Ramadan ini akan berlangsung sejak tanggal 17 April hingga 6 Mei 2021 di Masjid Al-Akbar.

“Sejak dibuka pertama kali sebelum Ramadan hingga kemarin, yang mendaftar itu kurang lebih 130 orang dari berbagai TPA dan ikatan remaja masjid (Irma). Sesuai Prokes maka tidak semua ikut hanya 50 persen dari ketentuan, jadi yang ikut hanya 5 TPA dan 6 Irma,” ungkap Pengasuh TPA Al Akbar Ustad Ahmad Juraisy kepada benuanta.co.id, Sabtu 17 April 2021.

Sebelum kegiatan berlangsung, penyelenggara pun telah bersurat kepada Bupati Bulungan, Kementerian Agama Kabupaten Bulungan, Polda Kaltara, Polres Bulungan, Kodim 0903 Tanjung Selor, BPBD dan instansi lainnya.

Baca Juga :  Layanan Kependudukan Tatap Muka Disetop, Disdukcapil Bulungan Terapkan Pelayanan Lewat Whatsapp

“Kami mau manfaatkan waktu anak ini, karena saat ini mereka juga sekolah online jadi bersamaan. Untuk menjaga prokes tetap berjalan, maka Ada kelas yang kami buat, untuk belajar pun hanya 2 jam ada di waktu pagi, siang dan sore,” jelasnya.

Ahmad Juraisy mengatakan, pembagian kelas diberlakukan. Untuk jadwal kegiatan Pesantren Ramadan tingkat remaja (Irma) materi yang diajarkan berupa Hikmah Ramadan, Remaja dan problematika sosial, pilar-pilar dunia dan Mirasantika dalam pergaulan remaja.

“Kemudian materi Generasi milenial cerdas bermedsos, pergaulan remaja masjid dalam Islam, Terorisme dan Proxy War dab Waspada virus cinta. Masing-masing materi sudah ada pengajar yang berkompeten di bidangnya,” sebutnya.

Kemudian jadwal kegiatan Pesantren Ramadan tingkat TPA kelas II materi yang diberikan berupa Kitab Fadillah Amal, Kitab Aqudatul Awan, Kitab Ahlaqul Banin, Kitab Safinatun Najah, Kitab Arbain Nawawi, Kitab Hidayatus Sibyan, Kitab Tafsir Al Ibriz dan Kitab Tarikhul Islam.

Baca Juga :  Selama Wabah Corona, 49 Catin Daftar ke KUA, Banyak Jadwal Ijab Kabul Ditunda

“Untuk tingkat TPA kelas I materinya berupa pembahasan Kitab Fadillah Amal, Rukun Iman, Baca Tulis Iqra, Sejarah para nabi dan rasul, Fiqih wudhu dan solat, Kitab Talim Muta’alim, Kitab Ahlaqul Banin, Hafalan doa harian dan surat pendek,” paparnya.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Drs H Agus Nurdiansyah yang membuka pesantren ini mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini. Karena sangat positif serta efektif bagi anak-anak. Ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan agama mereka, terutama di bulan suci Ramadan yang penuh pahala dan berkah dari Allah SWT.

“Untuk itu saya berpesan kepada anak-anak peserta, agar mengikuti setiap rangkaian kegiatan pesantren Ramadan ini dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Fokus dalam menerima setiap materi yang disampaikan dan cermat dalam mengambil hikmah dari informasi dan wawasan yang telah disampaikan,” ujarnya.

Baca Juga :  Penyebab Kematian Masih Diselidiki, Polisi Ungkap Tak Ada Tanda-Tanda Kekerasan

Dirinya berharap, setelah mengikuti kegiatan pesantren Ramadan ini, Kabupaten Bulungan akan memiliki generasi muda yang bertakwa serta berakhlakul karimah, yaitu generasi yang kuat imannya, mantap ilmunya dan mulia akhlaknya.

“Dengan semangat kebersamaan, mari kita tingkatkan peran serta kita semua, dalam membekali anak-anak kita dengan dasar keimanan dan akhlak mulia. Sebab dengan dasar inilah kita dapat menuntun sekaligus membentengi diri mereka dari hal-hal yang tidak kita inginkan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu dirinya mengingatkan kembali pandemi Covid-19 belum berakhir, dia meminta selalu disiplin menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan pesantren ramadan ini.

“Mari kita disiplin memakai masker atau pelindung wajah, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri kita maupun lingkungan sekitar kita,” pungkasnya. (*)

 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed